Integrasi Geogebra dan Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi SPLDV

Authors

  • Lulu Sopanda Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi
  • Sri Karmila Novita Sari Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi
  • Mardiana Mardiana Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi

DOI:

https://doi.org/10.58740/juwara.v2i1.36

Keywords:

Geogebra, PBL, SPLDV

Abstract

Abstrak

Dalam penelitian ini, pembelajaran yang mengintegrasikan Geogebra dan Problem-Based Learning dilakukan guna mewujudkan pembelajaran yang lebih efektif, yang mana pada penelitian sebelumnya, model pembelajaran sering kali dilakukan secara murni tanpa kombinasi media yang tepat. Ketika intervensi dilakukan, ditemukan bahwa hasil post-test kelas eksperimen meningkat secara signifikan. Pembelajaran SPLDV menggunakan Geogebra terintergrasi PBL dibanding dengan metode konvensional, metode konvensional menghasilkan hasil yang jauh lebih buruk. Integrasi Geogebra dan PBL dianggap lebih efektif daripada pembelajaran konvensional. Skor N-Gain meningkat sebesar 75% di kelas eksperimen, menunjukkan bahwa itu cukup efektif. Sedangkan di kelas kontrol juga terjadi peningkatan, namun hanya sebesar 50%, yang berarti kurang efektif. Ini menjadi bukti bahwa implementasi integrasi Geogebra dan PBL lebih efektif dibanding pembelajaran konvensional dalam meningkatkan pemahaman konsep pada materi SPLDV.

Abstract

In this study, learning that integrates Geogebra and Problem-Based Learning is carried out in order to realize more effective learning, which in previous studies, the learning model was often carried out purely without the right combination of media. When the intervention was carried out, it was found that the post-test results of the experimental class improved significantly. SLETV learning using PBL integrated Geogebra compared to conventional methods, conventional methods produce far worse results. GeoGebra and PBL integration is considered more effective than conventional learning. The N-Gain score increased by 75% in the experimental class, indicating that it was quite effective. Meanwhile in the control class there was also an increase, but only by 50%, which means it is less effective. This is proof that the implementation of Geogebra and PBL integration is more effective than conventional learning in improving concept understanding in SLETV material. 

References

Adiansha, A. A., Khatimah, H., & Asriyadin. (2020). Pengembangan Kreativitas Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Brain Based Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 45–52. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.327

Arbain, N., & Shukor, N. A. (2015). The Effects of GeoGebra on Students Achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 172(2007), 208–214. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.356

Cai, X. D., Weedbrook, C., Su, Z. E., Chen, M. C., Gu, M., Zhu, M. J., Li, L., Liu, N. Le, Lu, C. Y., & Pan, J. W. (2013). Experimental quantum computing to solve systems of linear equations. Physical Review Letters, 110(23), 1–5. https://doi.org/10.1103/PhysRevLett.110.230501

Fatqurhohman. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 127. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.847

Hakasinawati, Widada, W., & Hanifah. (2017). Pengaruh Keyakinan Diri, Kemampuan Pemahaman Konsep, Motivasi Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Kausalitas di MAN I Kota Bengkulu). Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 170.

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Jupri, A., Drijvers, P., & van den Heuvel-Panhuizen, M. (2014). Difficulties in initial algebra learning in Indonesia. Mathematics Education Research Journal, 26(4), 683–710. https://doi.org/10.1007/s13394-013-0097-0

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery LEARNING). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Representasi Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3751

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367

Saputro, B. A., Prayito, M., & Nursyahidah, F. (2015). Media Pembelajaran Geometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis GeoGebra. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 33–38. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4471

Sugandi, A. I., Bernard, M., & Linda, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Di Era Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 993. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3133

Wulandari, S., Suarsini, E., & Ibrohim. (2016). Pemanfaatan Sumber Belajar Handout Bioteknologi Lingkungan Untuk Meningkatkan Pemahamankonsep Mahasiswa S1 Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 881–884.

Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019)."Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA?: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399"

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Sopanda, L., Sari, S. K. N., & Mardiana, M. (2022). Integrasi Geogebra dan Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi SPLDV. Juwara: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 2(1), 25–36. https://doi.org/10.58740/juwara.v2i1.36

Issue

Section

Articles