Pengembangan Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) Berbantuan Google slide dan Quizizz dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kubu
DOI:
https://doi.org/10.58740/juwara.v1i2.26Keywords:
Buku Ajar Elektronik, Google Slide, Quizizz, Kemampuan Pemecahan Masalah, Electronic Textbook, Problem Solving AbilityAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar elektronik interaktif (BAEI) berbantuan google slide dan quizizz dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMP Negeri 1 kubu yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yaitu penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D yang telah dimodifikasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan soal tes. Angket digunakan untuk validasi ahli materi dan media, serta respon guru dan siswa. Soal tes digunakan untuk uji coba penilaian kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kualitas buku ajar elektronik interaktif (BAEI) berbantuan google slide dan quizizz dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam kategori sangat valid dengan rata-rata 89,06%, (2) hasil angket respon guru dan siswa dengan rata-rata 88,83% dengan kriteria sangat praktis dan (3) buku ajar elektronik interaktif (BAEI) berbantuan google slide dan quizizz dikategorikan efektif yang ditunjukkan dengan terdapatnya perbedaan yang signifikan nilai kemampuan pemecahan siswa antara sebelum dan setelah diberikan pembelajaran dengan buku ajar elektronik interaktif (BAEI) google slide dan quizizz.
Abstract
This study aims to develop an interactive electronic textbook (BAEI) assisted by Google Slides and Quizizz in improving problem solving skills in relational and functional material in class VIII SMP Negeri 1 Kubu which is valid, practical, and effective. The research method used is Research and Development (R&D), namely development research that refers to a modified 4-D development model. The instruments used in this study were questionnaires and test questions. Questionnaires were used to validate material and media experts, as well as teacher and student responses. The test questions are used for testing the assessment of students' problem solving abilities. The results showed that: (1) the quality of interactive electronic textbooks (BAEI) assisted by google slides and quizizz viewed from the aspect of validity was included in the very valid category with an average of 89.06%, (2) the results of the questionnaire responses of teachers and students with an average an average of 88.83% with very practical criteria and (3) interactive electronic textbooks (BAEI) assisted by google slides and quizizz are categorized as effective as indicated by the significant difference in the value of students' solving abilities between before and after being given learning with interactive electronic textbooks (BAEI) google slides and quizizz.
References
Ahmad, M. F., Hamzah, N., Wan-Hassan, W. A. S., Rohani, R. H. (2020). Learning Using the Google Slides Mobile Application and Its Impact on Attitude, Motivation and Achievement for Industrial Design Subjects in the TVE. Journal of University of Shanghai for Science and Technology, 22(11), 606-613.
Andayani, E. (2021). Efektivitas Berbagai Macam Fitur Google sebagai Media Pembelajaran Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 15(2), 218-225. https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.6163.
Arifin, S. R., & Merdekawati, E. G. (2020). Tanggapan Mahasiswa terhadap Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 8(3), 278-281. http://dx.doi.org/10.26418/justin.v8i3.40007.
Arpan, M., Salaman, S., Budiman, R. D. A., Ambyar, A., & Wakhinuddin, W. (2020). Student Learning Outcomes Using Drill and Practice Type of Computer Assisted Instruction. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(04), 1433-1436.
Arpan, M., & Sadikin, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Perangkat Keras Komputer. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(2), 43-50. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i2.741.
Arpan, M., & Sahbidin, S. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Peningkatan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(2), 249-262. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v14i2.358.
Darmawan, H. (2014). Peningkatan Kreatifitas Mahasiswa dalam Merancang Media Pembelajaran Multimedia IPA Berbasis Animasi melalui Model Cooperative Learning. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 12(2), 193-204. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v12i2.155.
Fitriyana, N., Ningsih, K., & Panjaitan, R. G. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Flashcard untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 13-27. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1667.
Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 553-558.
Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan. Journal Cendekia, 1(2), 51-63.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi terhadap Pendidikan. 10, 48-52.
Lesmana, C., & Arpan, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Psikomotor, Aktivitas Belajar, dan Respon Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(1), 8-19. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v6i1.483.
Marlianto, F. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Hasil Belajar Materi Manajemen File . JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara, 1(1), 58-68.
Matrona, M. (2016). Upaya Meningkatkan Minat Belajar PKn Siswa dengan Menggunakan Media Visual di Kelas 1 SD Negeri 59 KM 2 Ngabang Kabupaten Landak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(1), 83-93. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v14i1.287.
Nurekawati, E., & Eviliyanto, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 54-69. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.406.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42-54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203
Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 35. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6176.
Rustam, R. (2014). Pengaruh Layanan Informasi Karier Menggunakan Media Webquest terhadap Motivasi Berprestasi dan Perencanaan Pilihan Karier Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 10 Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 12(2), 227-236. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v12i2.158.
Sari, A. O., Kesuma, G. C., & Anggraini, D. (2019). Google Slide dan Quizizz dalam Pengembangan Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) Matematika. AdMathEdu, 9(2), 98-106.
Sii, P., Verawardina, U., Arpan, M., & Sulistiyarini, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran KKPI terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(2), 166-176. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v6i2.642.
Solikah, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teks Persuasif Kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), 1-8.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Utami, R., Daningsih, E., & Marlina, R. (2018). Kelayakan CD Interaktif pada Submateri Organ Tumbuhan di Kelas XI SMA. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 210-221. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.949.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Yulita Endang Sulistiyowati, Utin Desy Susiaty, Dwi Oktaviana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license used.