Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul pada Materi SPLDV untuk Siswa SMP Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.58740/juwara.v1i2.22Keywords:
Analisis, Modul, SPLDV, Analysis, ModuleAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan modul pembelajaran dalam materi SPLDV kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII berjumlah 22 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan wawancara kepada guru. Hasil observasi menunjukkan bahwa masih terdapat siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran, terbukti ketika diberi pertanyaan oleh guru hanya siswa yang sama saja yang aktif. Pada saat observasi guru menggunakan metode ceramah dan diskusi. Buku yang digunakan sebagai bahan ajar hanya buku paket. Guru masih menjadi sumber belajar utama. Belum terdapat bahan ajar terbaru yang digunakan saat pembelajaran. Lembar wawancara menunjukkan bahwa minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika masih rendah. Model pembelajaran yang digunakan beragam dengan menggunakan pendekatan ceramah dan diskusi, Bahan ajar yang digunakan hanya buku paket. Sumber belajar yang perlu dikembangkan untuk membantu siswa mengatasi masalahnya dalam pembelajaran matematika pada materi SPLDV bisa berupa modul.
Abstract
This study aims to analyze the development of learning modules in the SPLDV class VIII material. The research method used in this study is a qualitative research method with a descriptive approach. The subjects of the research were the students of class VIII totaling 22 students. Collecting data using observation sheets and interviews with teachers. The results of observations showed that there were still students who were less active in the learning process, it was proven when the teacher asked questions only the same students were active. At the time of observation the teacher used the lecture and discussion method. The books used as teaching materials are only textbooks. Teachers are still the main source of learning. There are no new teaching materials used during learning. The interview sheet shows that students' interest in learning mathematics is still low. The learning models used are varied using a lecture and discussion approach. The teaching materials used are only textbooks. Learning resources that need to be developed to help students overcome their problems in learning mathematics on SPLDV material can be in the form of modules.
References
Ardiansyah, R., Corebima, A. D., & Rohman, F. (2016). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Materi Genetik pada Matakuliah Genetika di Universitas Negeri Malang. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek, 2016, 1. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/8009.
Ardiawan, Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Membuktikan Kesamaan Unsur-Unsur Trigonometri Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(1), 156-168. doi:http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v14i1.293.
Arpan, M., & Sadikin, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Perangkat Keras Komputer. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(2), 43-50. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i2.741.
Arpan, M., Budiman, R., & Verawardina, U. (2018). Need Assessment Penerapan Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Jaringan Komputer Berbasis Augmented Reality. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 48-56. doi:http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.834.
Boisandi, B., & Anita, A. (2017). Pengembangan Modul Eksperimen Fisika Material Solar Cell Berbasis TPACK. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 1-10. doi:http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.402.
Budiman, R. (2016). Developing Learning Media Based on Augmented Reality (AR) to Improve Learning Motivation. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 1(2), 89-94. http://dx.doi.org/10.26737/jetl.v1i2.45.
Budiman, R., & Nurbani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Sistem Operasi Berbasis Android. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 183-197. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1305.
Budiman, R. D. A., & Verawardina, U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Augmented Reality. METIK Jurnal (Media Teknologi Informasi dan Komputer Jurnal), 3(1), 38-45.
Depdiknas. (2008). Sumber Belajar. Jakarta.
Deviana, T. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Kabupaten Tulungagung untuk Kelas V SD. 6(20), 47-56.
Guntur, M., Muchyidin, A., & Winars, W. (2017). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Matematika Bersuplemen Komik terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Syekh Nurjati Cirebon. 6(1), 43–51.
Islami, A. N., Rahmawati, N. K., & Kusuma, A. P. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal. November, 158-170. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.444
Permana, R., & Budiman, R. D. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IP Traffic Work Berbasis Augmented Reality. CYBERNETICS, 4(01), 41-49. http://dx.doi.org/10.29406/cbn.v4i01.1970.
Puma, A. S., Fadillah, S., & Haryadi, R. (2020). Pengembangan Buku Saku Bermuatan Ideal Problem Solving dalam Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP Negeri 2 Segedong. 2, 106–117.
Sari, F., Darma, Y., & Dafrita, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Integrasi Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dalam Materi Refleksi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 281-289. doi:http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.1026.
Setiawan, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan App Inventor pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Kata. JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara, 1(1), 37-46.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (25th ed.). Alfabeta.
Supardi, A. A., Gusmania, Y., & Amelia, F. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme pada Materi Logaritma. 10(1), 80-92.
Tjiptiany, E. N., Muksar, M., Matematika, P., & Malang, P. N. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Membantu Siswa SMA Kelas X dalam Memahami Materi Peluang. 2009, 1938-1942.
Utami, D. A. Y. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Pro untuk Siswa SMA Kelas XI. 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Febiana Mana, Astuti, Marita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license used.