Eksplorasi Konsep Matematika pada Teknik Anyaman Tangkin Suku Dayak di Kalimantan Barat

Authors

  • Nilawati Nilawati IKIP PGRI PONTIANAK
  • Ery Yanti IKIP PGRI Pontianak
  • Herawati Yanti IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.58740/juwara.v1i2.20

Keywords:

eksplorasi, konsep matematika, teknik anyaman tangkin, Exploration, Mathematical Concepts, Tangkin Weaving Techniques

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi etnomatematika pada teknik ayaman tangkin suku dayak yang ada di kalimantan barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa pada teknik anyaman tangkin terdapat konsep matematika untuk menunjang pembelajaran disekolah yaitu alat-alat dan bahan yang digunakan pada teknik ayaman tangkin dan teknik apa saja yang digunakan pada anyaman tangkin ini yang mengandung unsur-unsur matematika diantaranya pola bilangan, perbandingan, mengukur, menghitung dan mendesaian.

Abstract

The purpose of this study was to explore the ethnomathematics of the Dayak tribe's Ayaman Tangkin technique in West Kalimantan. The research method used is descriptive method and the type of research used in this research is qualitative research with an ethnographic approach. The results of the exploration show that in the woven Tangkin technique there are mathematical concepts to support learning at school, namely the tools and materials used in the ayaman Tangkin technique and what techniques are used in this woven Tangkin which contains mathematical elements including number patterns, comparisons, measuring, counting and designing.

References

Gerges, P. (1994). Reflection On Etnomatematics. For the Learning of mathematics, 14(2), 19-21.

Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13 (1), 14-23.

Liana, 2018. Teknik Anyaman Manik Tradisi Suku Dayak Taman Banuaka’ dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. (Skripsi) Ikip-Pgri. Pontianak.

Sugiyono, (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suriati, K. N., & Firdaus, M. (2019, November). “Eksplorasi Konsep Matematika Dalam Alat-Alat Pertanian Tradisional Suku Dayak Kayong Kecematan Nanga Tayan Kabupaten Ketapang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA dan Teknologi ll (Vol. 1, No. 1, pp. 97-107).

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Nilawati, N., Yanti, E., & Yanti, H. (2021). Eksplorasi Konsep Matematika pada Teknik Anyaman Tangkin Suku Dayak di Kalimantan Barat. Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(2), 164–171. https://doi.org/10.58740/juwara.v1i2.20

Issue

Section

Articles