Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Masa Pandemi Dengan Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Authors

  • Naga Bonar IKIP PGRI Pontianak
  • Francis Michelangelo Repo IKIP PGRI Pontianak
  • Nanda Calesti IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.58740/juwara.v1i2.19

Keywords:

Kesulitan Belajar, Matematika, Pembelajaran Jarak Jauh, Learning Difficulties, Mathematics, Distance Learning

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika siswa pada masa pandemi dengan pembelajaran jarak jauh di SMA N 1 Sengah Temila. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan deskriftif kualitatif. Penelitian deskritif kualitatif digunakan untuk menggambarkan kesulitan belajar siswa pada masa pandemi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa di SMA N 1 Sengah Temila. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan wawancara dan dokumentasi. Metode wawancara yang digunakan adalah wawancara terbuka (open interview) yang kemudian dianalisis dengan menggunakan model interaktif (interactive model). Berdasarkan hasil analisis mengenai kesulitan belajar siswa khusus pembelajaran matematika siswa sangat kesulitan dalam memahami materi tanpa adanya penjelasan dari guru yang mengharuskan siswa belajar secara mandiri untuk memahami materi pembelajaran yang diberikan. Selain itu kurangnya akses internet juga mengakibatkan siswa kesulitan dalam proses pembelajaran daring, sehingga siswa kesulitan dalam mencari sumber referensi belajar.

Abstract

This study aims to determine students' learning difficulties in mathematics during the pandemic with distance learning at SMA N 1 Sengah Temila. The research method used in this research is descriptive qualitative. Qualitative descriptive research is used to describe students' learning difficulties during the pandemic. The subjects in this study were students at SMA N 1 Sengah Temila. Data collection techniques used are interviews and documentation. The interview method used is an open interview which is then analyzed using an interactive model. Based on the results of the analysis of students' learning difficulties, especially in learning mathematics, students are very difficult to understand the material without an explanation from the teacher which requires students to study independently to understand the learning material provided. In addition, the lack of internet access also causes difficulties for students in the bold learning process, so that students find it difficult to find learning reference sources

References

Alfiyah, Z, N., Hartatik, S., Nafiah,. Sunanto. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3158-3166.

Darimi, I. (2016). Diagnosis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran aktif di sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 30-43.

Fernandes, L., Appulembang, O, D., Winardi, Y. (2019). Hambatan Belajaran Matematika Studi Kasus Di Kelas VIII Suatu sekolah disemarang. JOHME: Journal Of Holistic Mathematics education, 3(1), 16-31.

Hadiprasetyo, K., Exacta, A. P., & Maharani, A. (2020). Matematika Dengan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Selama Masa Darurat Covid-19 Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngadirojo Tahun Ajaran 2019 / 2020. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial dan Agama, 6(2), 6-12.

Herliandry, L, D., Nurhasanah., Suban, M, E., Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Jumal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas Xi Ipa Sma Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 18-36

Prawiyogi, A, G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa Di Sdit Cendekia Purwakarta. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94-101.

Putria, H., Maula, L, H., Uswatun, D, A (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-872.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta.

Waskitoningtyas, R, S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 24-32.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Bonar, N., Repo, F. M., & Calesti, N. (2021). Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Masa Pandemi Dengan Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Juwara: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(2), 172–185. https://doi.org/10.58740/juwara.v1i2.19

Issue

Section

Articles