Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Pecahan melalui Media Koperhan pada Siswa Kelas V SDN Banjarsugihan

Authors

  • Ula Nurmala Universitas Negeri Surabaya
  • Maryamah SD Negeri Banjarsugihan I/116 Surabaya
  • Titik Indrayani SD Negeri Banjarsugihan I/116 Surabaya
  • Kasmiatun SD Negeri Banjarsugihan I/116 Surabaya
  • Vicky Dwi Wicaksono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58740/juwara.v4i2.185

Keywords:

koperhan media, learning outcomes, fraction multiplication

Abstract

Penelitian ini membahas pentingnya pendidikan matematika dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Fokus penelitian adalah pada pembelajaran perkalian pecahan di kelas V SDN Banjar Sugihan I/116 Surabaya, yang mengalami kesulitan memahami konsep tersebut. Penyebab utama adalah metode pengajaran konvensional yang kurang efektif dan minimnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan media KOPERHAN (Kotak Perkalian Pecahan) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media KOPERHAN efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata meningkat dari 66,5 pada siklus I menjadi 88 pada siklus II, dan persentase ketuntasan meningkat dari 45% menjadi 83%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang inovatif, seperti KOPERHAN, dapat secara signifikan meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa dalam matematika, khususnya pada materi perkalian pecahan. Saran yang diberikan adalah agar guru matematika menggunakan media konkret untuk membuat pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan.

References

Aderusliana. 2007. Konsep Dasar Evaluasi Hail Belajar. (online) http://aderusliana.workpress.com. (Diakses tanggal 1 Juni 2024)

Arianti, F., Suwandayani, B. I., & Mukhlishina, I. (2023). Implementasi Metode Jarimatika Dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Pecahan Pada Siswa Kelas V Di SDN 4 Sambik Bangkol. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 5785–5799.

Balaka, M. Y. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung : Penerbit Widina Bhakti Persada.

Bogdan, R. C., & Lukas, S. K. (2002). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods (4th ed.). Boston: Pearson.

Fitri, A. (2023). Inovasi Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Karimah Tauhid, 2(2), 442–448.

Guswita, R. (2024). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Model Collaborative Learning: Studi Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 5(1), 58–67.

Nurhikmah, A., Madianti, H. P., Azzahra, P. A., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Game Educandy Untuk Meningkatkan Karakter Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(3), 439–448.

Prayitno, A., & Ningsih, S. (2020). Pengaruh metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 22(1), 34-45.

Rahmawati, F. (2021). Pentingnya penguasaan konsep perkalian pecahan dalam pembelajaran matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(3), 189-200.

Rika, L. (2008). Manajemen pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rurut, M., Waworuntu, J., & Komansilan, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2), 212–223.

Septyana, E., Indriati, N. D., Indiati, I., & Ariyanto, L. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK di Semarang pada Materi Program Linear. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 6(2), 85–94.

Sholihah, N., Setyowati, T., & Wahyuni, S. (2024). Pengaruh media pembelajaran berbasis teknologi terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 23(4), 378-386.

Suryani, T. (2021). Tantangan dalam pengajaran matematika di kelas V SD: Studi kasus pembelajaran perkalian pecahan. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 13(2), 102-110.

Sutrisno, A. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika di SD. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 24(1), 70-79.

Wahyuni, S. (2022). Peran matematika dalam kemajuan sains dan teknologi. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 19(3), 220-230.

Sholihah, D. M., Rahayu, D., & Handayani, M. S. (2024). Pengembangan Media Congklak Bali Pada Materi. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 5(1), 1–10.

Susanto, A. (2008). Pendidikan dan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Yogyakarta: Media Press.

Tumulo, T. I. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Inquiri Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XII SMA Negeri 4 Gorontalo. Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 02(2), 437–446.

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Nurmala, U., Maryamah, M., Indrayani, T., Kasmiatun, K., & Wicaksono, V. D. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Pecahan melalui Media Koperhan pada Siswa Kelas V SDN Banjarsugihan. Juwara: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 4(2), 386–397. https://doi.org/10.58740/juwara.v4i2.185

Issue

Section

Articles