Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Trigonometri

Authors

  • Hesti Valengia Hesti IKIP PGRI Pontianak
  • Reni Novianti IKIP PGRI Pontianak
  • Elsa Yulistia Dara Tarigas IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.58740/juwara.v1i2.17

Keywords:

Analisis,Kemampuan Berpikir Kritis Siswa , Trigonometri., Analysis, Students Critical Thingking Skills, Trigonometry

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa pada materi trigonometri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Serawai. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengukuran sehingga alat pengumpul datanya berupa tes. Teknik analis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.  Hasil dari penelitian ini adalah :(1) Interpretasi hanya 64 % siswa yang mampu menjawab soal kemampuan berpikir kritis , (2)  Analisis hanya 58 % siswa yang mampu menjawab soal kemampuan  berpikir kritis, (3) Evaluasi  hanya 47 % siswa yang mampu menjawab soal kemampuan berpikir kritis, (4) Inferensi hanya 39 % siswa yang mampu menyelesaikan soal kemampuan berpikir kritis. Jadi secara umum dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas X  SMA Negeri 1  Serawai tergolong rendah.

Abstract

This study aims to analyze students' critical thinking skills on trigonometry material. The research method used is qualitative research in the form of descriptive research. The subjects in this study were students of class X SMA Negeri 1 Serawai. The data collection technique used in this research is measurement so that the data collection tool is in the form of a test. The data analysis technique used is descriptive statistics. The results of this study are: (1) Interpretation only 64% of students are able to answer about critical thinking skills, (2) Analysis only 58% of students are able to answer about critical thinking skills, (3) Evaluation only 47% of students are able to answer questions critical thinking skills, (4) Inference only 39% of students are able to solve critical thinking skills. So in general it can be said that the critical thinking ability of class X students of SMA Negeri 1 Serawai is low.

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Dafrita, I. E. (2017). Pengaruh Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Analitis dalam Menemukan Konsep Keanekaragaman Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(1), 32-46. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v6i1.485.

Fitriawan, D., Gordah, E. K., & Dafrita, I. E. (2016). Analisis Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 5(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v5i1.248.

Hasan, H. (2015). Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Matematika Di Sd Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 1(4), 40–51.

Hendriana H, dkk (2018) Hard Skill Dan Soft Skills Matematika Siswa . PT. Rafika Aditama: Bandung.

Jihad, A & Haris, A. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Komariah, A., & Satori, D. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Cv Alfabeta.

Marjito, E. R. (2015). Pengaruh Penggunaan Power Point terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Mata Kuliah Sejarah Kemerdekaan Indonesia di Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(2), 146-157. http://dx.doi.org/10.31571/sosial.v2i2.101.

Novianti, R. dkk. (2020). Analisis kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada materi Trigonometri Kelas XI SMA Negeri 1 Subah Bapupaten Sambas. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2).

Rianto, H., & Arianti, B. (2018). Konstruksi Pembelajaran PPKn Menggunakan Metode Pengajaran Kasus untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2), 244-254. http://dx.doi.org/10.31571/sosial.v5i2.980.

Ritonga, N., Gultom, H. S. B., & Nazliah, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dalam Proses Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Keterampilan. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya, 3(2), 41-45. http://dx.doi.org/10.31571/jpsa.v3i2.1948.

Rosanti, R., Andrasmoro, D., & Rina, R. (2016). Pengaruh Model Inquiry terhadap Berpikir Kritis Mahasiswa Geografi IKIP-PGRI Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(2), 286-296. http://dx.doi.org/10.31571/sosial.v3i2.371.

Suryani, K., Sukardi, S., Khairudin, K., Sasmita, D., & Rahmadani, A. (2020). Profil Mahasiswa Jurusan Komputer pada Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 159-169. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1939.

Suryani, K., Rahmadani, A., & Gautama, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Peserta Didik Menggunakan Problem-Based Learning. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 238-249. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1475.

Trisianawati, E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 5(1), 12-26. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v5i1.249.

Purwati, R. dkk. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaranmodel Creative Problem Solving. Jurnal Kadikma. 7(1).

Subana & Sudrajad. (2011). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia

Susanto, A. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group, Jakarta.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Hesti, H. V., Novianti, R., & Tarigas, E. Y. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Trigonometri. Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(2), 105–116. https://doi.org/10.58740/juwara.v1i2.17

Issue

Section

Articles