Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar

Authors

  • Yusriatia Universitas Negeri Makassar
  • Sitti Hajerah Hasyim Universitas Negeri Makassar
  • Fajriani Azis Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58740/juwara.v4i2.157

Keywords:

interest in Learning, accountancy, student

Abstract

This study aims to analyze the factors influencing students' interest in learning in Class XI of the Accounting Expertise Program at SMK Negeri 1 Makassar. The study population consists of 144 students, with a sample of 60 students selected using the Proportionate Stratified Random Sampling technique. Data were collected through questionnaires and analyzed using factor analysis with SPSS version 25.0.The research results indicate that the first factor, with an eigenvalue of 4.878, consists of the variables health and fitness conditions, intelligence, student interest, school, and study time. The second factor, with a value of 1.701, includes attitude, family, subject matter, and home conditions. The third factor, with a value of 1.569, comprises student talents, classmates, building, and location, while the fourth factor, with a value of 1.267, includes motivation and society.The most important factor influencing students' interest in learning is student interest, with a value of 0.880. This shows that students' special attention to subjects serves as a strong incentive for active involvement in the learning process.

References

Afifa, R., Wijarini, F., & Nursia. (2021). Analisis minat dan faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan. Jurnal Biopedagogia, 3(2), 142-157. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/biopedagogia/article/view/2335

Amelia, P. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Citra Bangsa. Jakarta: Universitas Negeri Syarif Hidayatullah.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2013). Evaluasi program pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi program pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmadi. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Sleman: Penerbit Depublish.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Djaali. (2015). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fani, J., Subagio, N., & Rahayu, P. V. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII di SMA Negeri 14 Samarinda. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi, 4(1), 24-34. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/prospek

Farita, Z. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA SMA Negeri se-Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariat dengan program IBM SPSS Update PLS regresi (Edisi ke-7). Semarang: Universitas Diponegoro.

Hakim, L. (2009). Perencanaan pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Hamalik, O. (2013). Proses belajar mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hartanto, S. (2011). Belajar dan pembelajaran teori dan konsep dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hermayanti, L. K., Muderawan, W. I., & Selamat, N. I. (2020). Analisis minat belajar siswa kelas XI MIA pada mata pelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 20-25. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index

Hurlock. (1995). Perkembangan anak (Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Irsan, K. (2018). Pengaruh motivasi dan minat belajar siswa kelas X terhadap hasil belajar servis atas bola voli SMA Negeri 18 Luwu (Disertasi Doktoral). Universitas Negeri Makassar.

James, O., & Whittaker, Djamara, Syaiful Bahri. (1990). Psikologi belajar. Jakarta: Rieneka Cipta.

Kurniawan, B. (2022). Faktor lingkungan sebagai penentu minat belajar siswa pada sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 101-115.

Maolani, C. (2015). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Narimawati, U. (2007). Metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif: Teori dan aplikasi. Bandung: Agung Media.

Noor, J. (2017). Metodologi penelitian. Jakarta: Kencana.

Pebrianti, L. (2019). Analisis deskriptif tentang minat belajar siswa pada jurusan akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tapung. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Putri, D., & Rahmawati, F. (2021). Pengaruh faktor personal terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran produktif di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(2), 55-66.

Riyanto, Y. (2010). Paradigma baru pembelajaran: Sebagai referensi bagi guru/pengajar dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas (Cetakan ke-2). Jakarta: Kencana.

Rukin. (2019). Metode penelitian kualitatif. Takalar: Yayasan Ahmad Cendikia Indonesia.

Rusmaini. (2017). Analisis faktor yang mempengaruhi minat belajar matematika pada siswa SMP Swasta Washliyani Martubung Medan TP. 2016/2017. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Simbolon, N. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Elementary, 4(1), 33-40. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/1323/1084

Siregar, S. (2015). Metode penelitian kuantitatif: Dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS. Jakarta: Prenadamedia Group.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2015). Proses belajar mengajar dalam sistem kredit semester (SKS). Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartini, D. (2001). Minat siswa terhadap topik-topik mata pelajaran sejarah dan berbagai faktor yang melatarbelakanginya: Studi deskriptif terhadap siswa Sekolah Menengah Umum Negeri di Kota Bogor (Tesis). Universitas Pendidikan Indonesia.

Syah, M. (2015). Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tidjan. (1976). Meningkatkan minat membaca. Jakarta: Hidayah.

Uno, H. (2010). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Uzer, U. (2010). Menjadi guru profesional (Cetakan ke-20). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyudi. (2017). Statistika ekonomi. Malang: UB Press.

Widarjono, A. (2010). Analisis statistika multivarian terapan. Yogyakarta: UPP STIM YKP.

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Yusriatia, Y., Hasyim, S. H., & Azis, F. (2024). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. Juwara: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 4(2), 363–375. https://doi.org/10.58740/juwara.v4i2.157

Issue

Section

Articles