Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kearifan Lokal “Roah” pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP

Authors

  • Hermas Belianus IKIP PGRI Pontianak
  • Anselmus Mumud Fira IKIP PGRI Pontianak
  • Mumud Fira IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.58740/juwara.v1i2.15

Keywords:

Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Kearifan Loka "Roah", Perbandingan, Development, Student Worksheet, "Roah" Lokal Wisdom, Comparison

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa lembar kerja siswa berbasis kearifan lokal Roah pada materi perbandingan kelas VII SMP N 1 Sengah Temila yang teruji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan rancangan penelitian Borg and Gall. Berdasarkan hasil penelitian lembar kerja siswa berbasis kearifan lokal Roah yang dikembangkan mempunyai kevalidan sebesar 89,33% dan 89,99% dari segi materi dan media dengan kirteria sangat valid semua, hasil ini didapatkan dari penilaian ketiga validator menggunakan lembar validasi. Untuk kepraktisannya sebesar 88,57% bagi guru dan 89,71% bagi siswa dengan kriterianya sangat praktis semua, hasil ini didapatkan dari angket respon guru dan angket respon siswa dari 8 siswa sebagai subjek uji coba produk. Sedangkan untuk keefektifannya sebesar 84% dengan kategori sangat efektif, hasil ini didapatkan dari hasil lembar kerja siswa yang digunakan dan hasil posttest.

Abstract

This study aims to produce learning media in the form of student worksheets based on Roah's local wisdom in comparison material for class VII SMP N 1 Sengah Temila which has been tested for validity, practicality, and effectiveness. This research is a research and development method (Research and Development) that uses a Borg and Gall. Based on the results of the research, student worksheets based on Roah's local wisdom that were developed have a validity of 89.33% and 89.99% in terms of material and media with very valid criteria, these results were obtained from the assessment of the three validators using a validation sheet. For practicality of 88.57% for teachers and 89.71% for students with very practical criteria, these results were obtained from teacher response questionnaires and student response questionnaires from 8 students as product trial subjects. As for the effectiveness of 84% with a very effective category, these results were obtained from the results of the student worksheets used and the results of the posttest.

References

Arahim, I. A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Visualisasi Berbantu Macromedia Flash pada Pembelajaran Matematika. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 116-123. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.842.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Astuti & Sari, N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13-24.

Budiyono. (2011). Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Dazrullisa & Hadi, K. (2018). Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Bina Gogik. 5(2), 50-62.

Edsyaraharja, U., Darmawan, H., & Sukadi, E. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Pengukuran di Kelas VII SMP YPK Pontianak. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya, 4(1), 36-40.

Hodiyanto. Darma, Y. Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 9(2), 323-343.

Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. (R. Sikumbang, Ed.) (3rd ed.). Bogor: Ghalia Indonesia.

Khatimah. H., Utami. S. D., Mursali. S. (2018). Pengembangan LKS Berbasis Kearifan Lokal Untuk Peningkatan Keterampilan Penyelesaian Masalah Siswa. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 6(2), 173-181.

Manisa, T., Aryati, E., & Marlina, R. (2018). Respon Siswa terhadap LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Submateri Sistem Pernapasan Manusia Kelas XI. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.771.

Muku, D., Fadillah, S., & Haryadi, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendidikan Karakter dalam Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 159-171. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1249.

Nadhirah, N. (2020). Penggunaan LKS untuk meningkatkan hasil belajar IPS di SD Negeri 21 Pontianak Barat. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 9(2), 146-158. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2703.

Oktavia, L., Saputri, D. F., & Sari, I. N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Kalor dan Perubahannya di Kelas VII SMP Negeri 12 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya, 2(1), 23-27. http://dx.doi.org/10.31571/jpsa.v2i1.1205.

Ratri, G. D., Saputri, D. F., Trisisnawati, E., & Hifni, H. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching Learning Dilengkapi Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Karakteristik Zat di SMP Negeri 4 Mempawah Hilir. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya, 2(2), 55-59. http://dx.doi.org/10.31571/jpsa.v2i2.1203.

Sukadi, E., & Khaerul, M. (2020). Pengembangan LKS Berbasis POE terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMA Kelas X Pokok Bahasan Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sain, 9(2), 90-102. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2377.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Tamara, K. J., Astuti, R., & Saputro, M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika pada Rumah Tradisional Melayu Bermuatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara, 1(1), 13-22.

Trianto. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Wibowo, A. & Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Belianus, H., Fira, A. M., & Fira, M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kearifan Lokal “Roah” pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP. Juwara: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(2), 128–142. https://doi.org/10.58740/juwara.v1i2.15

Issue

Section

Articles