Pengaruh Pembiasaan Sholat terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.58740/juwara.v4i2.148Keywords:
habituation of prayer, character formation, learnersAbstract
ABSTRAK
Pembiasaan Sholat selalu diterapkan oleh pihak sekolah pada waktu dzuhur dan ashar yang dilaksanakan di masjid sekolah mengingat waktu sekolah peserta didik SMKS Nurul Iman pada siang hari menjelang sore hari. Agar membentuk karakter yang lebih baik lagi maka peserta didik di wajibkan untuk sholat di masjid pada waktunya. Metode ini menggunakan korelasi kuantitatif. Dengan menggunakan metode pengambilan random sampling berjumlah 27 peserta didik di SMKS Nurul Iman Jakarta Timur. Serta dilengkapi dengan teknik angket, observasi, dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis menggunakan teknik korelasi product moment. Metode deskriptif analitis korelasional digunakan dalam proses ini. Dua metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan observasi. Dengan mendistribusikan kuesioner dengan masing-masing 20 item untuk variabel X (pembiasaan shalat) dan Y (pembentukan karakter siswa), pendekatan sampel, yang dikenal sebagai pengambilan sampel acak, digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa "ro" > "rt" pada taraf signifikan 5% dan 1%. Uji koefisien product moment menghasilkan "rxy" atau "ro" sebesar 0,610, sedangkan "rt" pada tabel signifikan 5% = 0,388 dan taraf signifikan 1% = 0,496. Dengan demikian, berdasarkan temuan ini, Hipotesis Nihil (Ho) ditolak atau tidak didukung, sedangkan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima atau disetujui.
References
Abduh Tuasikal, M. (2013). Benarkah shalat dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar? Rumaysho.com. Retrieved from https://rumaysho.com/3773-benarkah-shalat-dapat-mencegah-dari-perbuatan-keji-dan-mungkar.html
Aji Maulana Hilman Parisi, M. S. (2023, June 1). Implementasi sholat berjama’ah dalam membentuk kedisiplinan siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 72.
Anisa Rochmah. (2018). Pengaruh pembiasaan shalat berjamaah terhadap pembentukan akhlak siswa Sekolah Dasar Negeri Salamkanci 2 Bandongan Kabupaten Magelang. Retrieved from http://eprintslib.ummgl.ac.id/2992/1/15.0401.0055_BAB%20I_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA_ANISA%20ROCHMAH.pdf
Astuti. (2015, December 2). Bimbingan shalat sebagai media perubahan perilaku. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(2), 305.
Atika Ramadhani. (2021). Implementasi shalat dhuha dalam pembentukan karakter siswa SMP N 3 Tebat Karai Kabupaten Kepahiang. Retrieved from http://repository.iainbengkulu.ac.id/7585/1/Skripsi%20Atika%20Ramadhani%201516210207%281%29.pdf
Dharma Kesuma, C. T. (2011). Pendidikan karakter: Kajian teori dan praktik di sekolah, 49.
Firda Janati. (n.d.). Siswa SMA rundung bocah SD di Bekasi, berawal dari main sepak bola bersama. Kompas.com. Retrieved February 27, 2024, from https://megapolitan.kompas.com/read/2023/11/27/21064941/siswa-sma-rundung-bocah-sd-di-bekasi-berawal-dari-main-sepak-bola-bersama
Ilyas, M. (2021). Hadis tentang keutamaan shalat berjamaah. Jurnal Riset Agama, 1, 247–258.
Khusnul Khotimah, A. D. (2015). Pengaruh pembiasaan shalat berjamaah terhadap kesadaran shalat lima waktu siswa MI Safinda Surabaya. Retrieved from https://repository.um-surabaya.ac.id/16-22/
Koesoema, D. (2019). Strategi mendidik anak di zaman global. Jurnal Pendidikan Karakter, 134–135.
Muchtar, I. (2015). Pendidikan karakter: Garansi peradaban berkemajuan. Jurnal Tarbawi, 27–44.
Musbikin. (2021). Pendidikan karakter disiplin. Nusamedia, 14–16.
Neng Zakiyah Zein, M. S. (2022). Pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui pembiasaan salat berjamaah. Jurnal Epistemic, 1, 77–108.
Novarita. (2015). Pendidikan dan pembentukan karakter dengan pembelajaran jurnal kepribadian, 236.
Patmawati, S. (2018). Penerapan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di SD Negeri No. 13/1 Muara Bulian. Jurnal Pendidikan, 1–16.
Prastika, M. D. (2018). Penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab melalui kegiatan ekstrakurikuler teater di SMA Negeri 1 Andong Kabupaten Boyolali, 28.
Reni Sofia Melati, S. D. (2021). Analisis karakter disiplin dan tanggung jawab siswa sekolah dasar pada masa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062–3071.
Sundus, I. (2020). Pengaruh pembiasaan shalat berjamaah terhadap pengendalian diri dari akhlak tercela siswa kelas VIII di SMP Yapia Ciputat.
Wahyu Topami. (n.d.). 3 remaja pelaku pembacokan di Bogor ditangkap, siswa SMK yang tak terlibat tawuran tewas. Tribunnews.com. Retrieved February 27, 2024, from https://www.tribunnews.com/regional/2023/12/04/3-remaja-pelaku-pembacokan-di-bogor-ditangkap-siswa-smk-yang-tak-terlibat-tawuran-tewas#google_vignette
Wahyuno, N. (2017). Hubungan shalat dhuha dengan kecerdasan emosional. Jurnal Pendidikan Islam Tadarus, 125–148.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kholid, Mugiyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JUWARA Jurnal Wawasan dan Aksara provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license used.