Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Relasi dan Fungsi Siswa Kelas VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.58740/juwara.v1i2.13Keywords:
kemampuan pemecahan masalah, relasi dan fungsi, problem solving abilities, relations and functionsAbstract
Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui analisis terhadap soal dan permasalahan yang diberikan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Pontianak yang dipilih oleh guru. Teknik yang digunakan dengan memberikan soal tes relasi dan fungsi kepada siswa dan dari jawaban siswa akan dianalisis berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Indikator yang diambil berdasarkan indikator menurut polya. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah yang dilihat dari jawaban yang diberikan siswa dimana dari keempat indikator hanya indikator pertama yang memberikan nilai sempurna, sedangkan untuk indikator kedua, ketiga, dan keempa masih salah.
Abstract
This research is a quantitative descriptive study that aims to see students' mathematical problem solving abilities through analysis of the questions and problems given. The sample in this study was class VIII SMP Negeri 16 Pontianak selected by the teacher. The technique used is to give relation and function test questions to students and from students' answers will be analyzed based on indicators of mathematical problem solving ability. Indicators are taken based on indicators according to polya. The results obtained in this study are the low problem-solving ability seen from the answers given by students where of the four indicators only the first indicator gives a perfect score, while the second, third, and fourth indicators are still wrong.
References
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62
Abdur Rahman As’ari, dkk. (2017). Buku Guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, R. (2016). Hubungan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(1), 169-178. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v14i1.294.
Darma, Y., & Firdaus, M. (2016). Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Strategi Heuristik Dengan Pendekatan Metakognitif Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Mahasiswa Calon Guru Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 1. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.849
Darma, Y., Firdaus, M., & Pratama, A. (2017). Analisis Metakognisi Terhadap Pemecahan Masalah Dalam Materi Kaidah Pencacahan Pada siswa Kelas XII IPS I MAN I Kubu Raya 1,2,3. 438–445.
Hodiyanto, H. (2014). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pembelajaran Pemecahan Masalah Ditinjau dari Gender pada Materi Himpunan. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 3(1), 27-40. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v3i1.203.
Kertinus, R., Darma, Y., & Wahyudi, W. (2019). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah dalam Materi Hukum Archimedes. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 135-144. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1252.
Lestari, A. D., Hartoyo, A., & Suratman, D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Siswa Di Kelas Viii SMP Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kahatulistiwa, 9(9), 1–8.
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85.
Nurmaningsih, N. (2014). Strategi Solusi dalam Pemecahan Masalah Pola Bilangan pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 3(2), 198-207. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v3i2.703.
Prihatin, I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 4(1), 78-90. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v4i1.7.
Rahmawati, P., & Apsari, N. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar Daerah Perbatasan Entikong (Indonesia-Malaysia). Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya, 2(1), 6-10. http://dx.doi.org/10.31571/jpsa.v2i1.905.
Sophiyanti, M. (2018). Penerapan Model Siklus Belajar Empiris Induktif dan Model Ekspositori Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Kalor SMP Negeri 1 Ngabang. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya, 1(1), 47-52. http://dx.doi.org/10.31571/jpsa.v1i1.901.
Sumartin, T. S. (2016). Analisis Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Ptik Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148–158. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/139
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897
Wahyuda, R., Sari, H. P., & Fitria, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Kakap. JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara, 1(1), 1–10.
Yokhebed, Y. (2018). Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah melalui Pembelajaran dengan Modul Berbasis Potensi Lokal pada Calon Guru Biologi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 235-243. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.966.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sari Julianti, Alda Gloria Melinia, Nadia Saputri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license used.