Penerapan Pendekatan Inkuiri dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan di Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.58740/juwara.v4i1.111Keywords:
pendekatan inkuiri, pendidikan pancasila, kewarganegaraan, inquiry approach, pancasila education, citizenshipAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak dengan fokus pada proses penerapan serta dampak pendekatan ikuiri dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan melibatkan observasi partisipatif dan wawancara mendalam dengan guru PPKN dan siswa kelas XI untuk memahami dampak pendekatan inkuiri terhadap motivasi, keterlibatan, dan keterampilan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri memiliki dampak positif yang signifikan. Guru melaporkan peningkatan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila dan kewarganegaraan, sementara siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kolaboratif. Model inkuiri tidak hanya efektif dalam mata pelajaran sains, tetapi juga dapat diterapkan dengan sukses dalam mata pelajaran sosial seperti Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang efektivitas pendekatan inkuiri dalam pendidikan moral dan kewarganegaraan di madrasah, serta memberikan dasar bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan partisipatif di masa depan.
ABSTRACT
This study aims to explore the application of the inquiry approach in learning Pancasila and Citizenship Education at Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak with a focus on the application process and the impact of the inquiry approach in learning Pancasila and Citizenship Education. The research method used involved participatory observation and in-depth interviews with PPKN teachers and grade XI students to understand the impact of the inquiry approach on students' motivation, engagement and skills. The results showed that the implementation of the inquiry learning model had a significant positive impact. Teachers reported increased student understanding of Pancasila and civic values, while students developed critical, analytical and collaborative thinking skills. The inquiry model is not only effective in science subjects, but can also be applied successfully in social subjects such as Pancasila and Civic Education. This research provides a better understanding of the effectiveness of the inquiry approach in moral and civic education in madrasah and provides a basis for the development of more interactive and participatory learning strategies in the future.
References
Hidayanti, P. N. (2021). Literasi Digital: Urgensi Dan Tantangan Dalam Pembelajaran Sejarah. Factum: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 10(2), 155–162.
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430.
Maulana, A. I., Maharani, B. S., & Saputri, P. A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ips Indonesia, 1(1), 1–8.
Mustaricha, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Matapelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 368–373.
Pangalila, T. (2017). Peningkatan Civic Disposition Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 91–103.
Permatasari, F. I., & Setyowati, R. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Yurisprudensi Inkuiri Pada Mata Pelajaran Ppkn Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Sman 1 Wonoayu. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 03(4), 1500–1514.
Purwati, I. Wi., & Alriangrum, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Mipa Di Sma Negeri 17 Surabaya Indiani Widia Purwati Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum Pendidikan Sejarah, Fakulta. Avatara, E-Journal Pendidikan Sejarah, 13(2).
Rahmah, S., Dalila, A. A., Liliawati, W., & Setiawan, A. (2022). Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi Dalam Model Inkuiri Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 393–401.
Rusdiana, Y. T., Apriana, & Yuliarni. (2024). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Sejarah Dan Ips Di Sekolah Menengah. Jurnal Artefak, 11(1), 15–26.
Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. Https://Doi.Org/10.20527/Kewarganegaraan.V10i2.9304
Yuspika, D. A., & Harmanto. (2016). Penerapan Model Inkuiri Dalam Pembelajaran Ppkn Untuk Pengembangan Keterampilan Sosial Kelas. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(4), 829–843.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Thomy Sastra Atmaja
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JUWARA Jurnal Wawasan dan Aksara provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license used.