PERMASALAHAN PEMBELAJARAN MENYIMAK DI SD NEGERI KOTA ACEH TIMUR

Authors

  • Ahadin PGSD FKIP USK
  • Faisal Alam PGSD FKIP USK
  • Rahmat Iqbal PGSD FKIP USK
  • Rifandi Perdana PGSD FKIP USK

DOI:

https://doi.org/10.58740/j-revisi.v1i2.355

Keywords:

Pembelajaran Menyimak, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan bahwa pembelajaran mendengarkan di sekolah dasar belum mendapatkan perhatian yang cukup dari para guru. Pembelajaran mendengarkan seringkali dipandang kurang penting dibandingkan dengan keterampilan bahasa lainnya. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain fenomenologi esensial. Partisipan penelitian meliputi guru kelas dan satu kelas dari SD Negeri Teupin Batee, Aceh Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran mendengarkan di sekolah dasar menghadapi tantangan seperti integrasi materi bacaan dalam bahan ajar dan metode evaluasi yang bias. Selain itu, siswa sering kali kesulitan mempertahankan fokus selama kegiatan mendengarkan, dengan rentang perhatian yang hanya bertahan tidak lebih dari 15 menit. Solusi yang diusulkan untuk mengatasi masalah ini adalah penerapan metode pembelajaran mendengarkan yang efektif.

References

R. Iqbal, Pembelajaran Menyimak Dalam Perspektif Konsep, Tujuan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia, 2022.

Mufarikha Mufarikha Dan Susi Darihastining, “Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V Mi Ghozaliyah Melalui Media Audio,” Mateandrau, Vol. 1, No. 2, Hlm. 30–53, Nov 2022, Doi: 10.55606/Mateandrau.V1i2.106.

V. F. Musyadad, “Upaya Peningkatan Keterampilan Menyimak Sekolah Dasar Melalui Media Audio Visual,” Jurnal Primary Edu (Jpe), Vol. 1, No. 1, 2023.

F. Alam, R. Tambunan, A. Riski, S. W. Siregar, Dan N. Nanola, “Analysis Of The Read, Answer, Discuss, Explain, And Create (Radec) Learning Model In Pancasila Education Learning In Bandung City Elementary School,” Journal Of Multidisciplinary Global, Vol. 1, No. 2, 2024, Doi: Https://Penaeducentre.Com/Index.Php/Jmug/Article/View/88.

M. Ali, “Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar,” Pernik, Vol. 3, No. 1, Hlm. 35–44, Sep 2020, Doi: 10.31851/Pernik.V3i2.4839.

F. Alam, “Analisis Kinerja Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Di Kelas I Dan Iv?: Studi Fenomenologi Di Sdn 053 Cisitu, Sdn 208 Luginasari, Dan Sdn 139 Sukarasa Kota Bandung,” Universitas Pendidikan Indonesia, 2024.

P. Rachmadyanti, H. P. Paksi, V. D. Wicaksono, S. Suprayitno, Dan G. Gunansyah, “Studi Fenomenologi Pengalaman Guru Dalam Mengembangkan Ketrampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19,” Jbpd, Vol. 6, No. 1, Hlm. 35–46, Jan 2022, Doi: 10.21067/Jbpd.V6i1.6252.

A. Mansah, A. Alam, Dan A. D. Putri, “Studi Fenomenologi?: Metode Pembayaran Pada Marketplace Dilihat Dari Perspektif Ekonomi Islam,” Seminar Nasional Penelitian Lppm Umj, 2022.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif, Kualitatif, Dan Ptk. Bandung:Alfabeta, 2021.

S. Melinia, A. S. Heri, Dan Itsna Ktaviyanti, “Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Keterampilan Membaca Pemahaman . Journal Of Classroom Action Research, 1(1), 158–163.,” Journal Of Classroom Action Research, 2022, Doi: Https://Doi.Org/10.29303/Jcar.V4i3.2039.

Y. Prihatin Dan R. H. Sari, “Problematika Keterampilan Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring,” Seminar Nasional Sainsteknopak Ke-5, 2021.

D. W. Khasanah, A. N. P. R. Dewi, Dan O. S. Budiwati, “Menumbuhkan Minat Baca Siswa Melalui Kegiatan Literasi Di Sekolah,” Imeij, Vol. 5, No. 1, Hlm. 726–736, Jan 2024, Doi: 10.54373/Imeij.V5i1.620.

E. I. Massitoh, “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Keterampilan Menyimak,” Seminar Nasional Pendidikan, Fkip Unma 2021, 2021.

E. Harianto, “Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa,” Didaktika, Vol. 9, No. 1, 2020.

G. Hasriani Dan R. Risan, “Efektifitas Teknik Pengajaran Listening Secara Online,” Jurnal Edupedia Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Vol. 6, No. 2, 2022.

E. Janul, “The Effect Of Mind Mapping-Based Learning Model On Listening Skills,” Vol. 3, No. 2, 2024.

I. D. A. Narianingsih Dan I. W. Numertayasa, “Analisis Kesulitan Menyimak Siswa Dalam Kegiatan Mendongeng Di Kelas Rendah Sekolah Dasar,” Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 09, 2024.

Downloads

Published

2025-01-25

How to Cite

Ahadin, Alam, F., Iqbal, R., & Perdana, R. (2025). PERMASALAHAN PEMBELAJARAN MENYIMAK DI SD NEGERI KOTA ACEH TIMUR. Jurnal Riset Edukasi, Vokasi, Inovasi, Dan Sosial, 1(2), 32–43. https://doi.org/10.58740/j-revisi.v1i2.355