PENGUJIAN INSTRUMENT KEKEDISIPLINAN GURU TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.58740/j-revisi.v1i2.354Keywords:
Cohen's Kappa, Pendidikan, RealibitasAbstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan utama untuk menguji keandalan sebuah kuesioner yang terdiri dari dua puluh item pernyataan, menggunakan metode Kappa dari Cohen. Penilaian dilakukan oleh beberapa penilai yang independen, di mana mereka memberikan skor pada respons kuesioner berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil analisis menggunakan skor Kappa Cohen mengungkapkan rata-rata nilai 0,026, yang secara signifikan menunjukkan tingkat kesepakatan yang sangat rendah di antara para penilai. Lebih lanjut, beberapa pertanyaan dalam kuesioner bahkan menunjukkan nilai Kappa yang negatif, sebuah kondisi yang menandakan bahwa kesepakatan di antara penilai adalah lebih buruk daripada kesepakatan yang diharapkan secara acak. Hasil ini mempertegas adanya masalah serius dalam desain dan formulasi pertanyaan yang ada dalam kuesioner. Temuan ini menyoroti perlunya revisi dan perbaikan pada kuesioner untuk memastikan bahwa alat ukur tersebut dapat diandalkan dalam menghasilkan data yang konsisten dan valid. Peningkatan kualitas kuesioner diharapkan akan membantu dalam mendapatkan hasil yang lebih akurat dalam penelitian yang menggunakan metode serupa di masa depan. Analisis ini juga memberikan insight penting bagi para peneliti mengenai pentingnya memastikan validitas dan reliabilitas dalam alat pengumpulan data, yang fundamental dalam menghasilkan temuan penelitian yang dapat dipercaya.
References
S. Dumayanti Sihombing et al., “Upaya Guru Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas 2 di SD Swasta GKPS II Pematang Siantar terhadap Proses Pembelajaran Daring dengan Metode Media-Video,” J. Teach. Educ., vol. 4, no. 3, pp. 181–187, Feb. 2023, doi: 10.31004/JOTE.V4I3.12228.
R. Tanduklangi, “Pengaruh Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak Terhadap Cara Guru Menegakkan Kedisiplinan di SDN 256 Inpres Sangpolo,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 361–367, Feb. 2023, doi: 10.31004/EDUKATIF.V5I1.3943.
-91-Pengaruh Kode et al., “Pengaruh Kode Etik Bagi Guru Terhadap Kedisiplinan dan Pembelajaran di Satuan Pendidikan (SD, SMP, SMK),” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 9, no. 2, pp. 91–97, Jan. 2023, doi: 10.5281/ZENODO.7565038.
T. Kinerja Guru Melalui Prestasi Kerja Pada Guru Sekolah Dasar Di Cilegon Muadifah, F. Ali Yusuf, B. Herawan Hayadi, M. Suparmoko, and G. Ika Sari, “Peran pembelajaran organisasi dan kedisiplinan terhadap kinerja guru melalui prestasi kerja pada guru sekolah dasar di Cilegon,” Borobudur Educ. Rev., vol. 4, no. 2, pp. 128–141, Nov. 2024, doi: 10.31603/BEDR.12260.
S. Hermawan et al., “Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru SMP dan MTs,” J. Educ. Res., vol. 5, no. 4, pp. 6308–6317, Dec. 2024, doi: 10.37985/JER.V5I4.1853.
R. Eka, S. Siska, Y. Ariani, M. Agustin, and N. Savina, “HUBUNGAN KEDISIPLINAN GURU TERHADAP KINERJA GURU DISEKOLAH DASAR,” Sindoro Cendikia Pendidik., vol. 8, no. 7, pp. 21–30, Dec. 2024, doi: 10.9644/SINDORO.V8I7.7294.
J. K. Pendidikan et al., “Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas X Melalui Pendekatan Keteladanan Guru,” Didact. J. Kaji. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 3, no. 2, pp. 72–78, Sep. 2023, doi: 10.56393/DIDACTICA.V3I2.1796.
D. Karno, R. Riswandi, and R. Perdana, “Hubungan Persepsi Guru Tentang Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kedisiplinan dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Lampung Selatan,” J. Inov. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 2, Oct. 2023, doi: 10.23960/JIIP.V5I2.28670.
K. Dan Kemampuan Profesional Guru Sekolah Dasar Negeri, B. Risdianto, and R. Witarsa, “PENGARUH PELAKSANAAN KELOMPOK KERJA GURU TERHADAP KEDISIPLINAN DAN KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR NEGERI 14 BANGLAS,” Autentik J. Pengemb. Pendidik. Dasar, vol. 7, no. 2, pp. 179–187, Sep. 2023, doi: 10.36379/AUTENTIK.V7I2.301.
M. I. Hasibuan, K. Lubis, and H. S. Harahap, “Tingkat Kedisiplinan Guru dalam Menjalankan Tugas (Studi Kasus pada Guru-Guru di SMA Amanah Tahfidz),” J. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 1375–1380, May 2023, doi: 10.31004/JOE.V6I1.3091.
S. Kristinawati, N. Nuraeni, and I. Muhtadin, “Pengaruh Kompetensi dan Kedisiplinan Guru Terhadap Kinerja Guru dengan Variabel Mediasi Mutu Sekolah,” Ranah Res. J. Multidiscip. Res. Dev., vol. 6, no. 5, pp. 2054–2061, Aug. 2024, doi: 10.38035/RRJ.V6I5.1112.
P. X. Guru PKN Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas Melalui Pendekatan Keteladanan Guru Di SMA St Maria Rubit Henderika Lany and G. Nuwa, “Peran Guru PKN Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas X Melalui Pendekatan Keteladanan Guru Di SMA St. Maria Rubit,” Garuda J. Pendidik. Kewarganegaraan Dan Filsafat, vol. 1, no. 4, pp. 113–128, Nov. 2023, doi: 10.59581/GARUDA.V1I4.1713.
M. Marsono, M. Suendarti, and H. Hasbullah, “Pengaruh Persepsi Atas Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru (Survei pada guru SMP Swasta di Jakarta Timur),” Herodotus J. Pendidik. IPS, vol. 6, no. 3, pp. 283–293, Jan. 2024, doi: 10.30998/herodotus.v6i3.11074.
D. M. R. S and H. H. Maridjo, “Pengaruh Kompetensi, Kedisiplinan dan Lingkungan Terhadap Kinerja Guru dengan Komitmen Organisasional sebagai Variabel Mediasi: Studi pada Guru Tetap Perwakilan Surabaya 2 Yayasan Yohannes Gabriel, Keuskupan Surabaya,” J. Sos. dan sains, vol. 3, no. 9, pp. 1001–1014, Sep. 2023, doi: 10.59188/JURNALSOSAINS.V3I9.1015.
L. HULFIAN and S. SUBAKTI, “TINGKAT VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMENT TES KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL,” Acad. J. Inov. Ris. Akad., vol. 2, no. 1, pp. 27–34, Apr. 2022, doi: 10.51878/ACADEMIA.V2I1.1077.
T. Kesehatan and | Issn, “Validitas dan Reliabilitas Instrumen Determinan Kepatuhan Minum Obat pada Pasien Lupus Eritematosus Sistemik: Validity and Reliability of Determinant Instrument of Medication Compliance on Systemic Lupus Erythematosus Patients,” J. Teras Kesehat., vol. 1, no. 1, pp. 25–38, Jul. 2018, doi: 10.38215/JUTEK.V1I1.21.
U. Validitas dan Uji Reliabilitas Instrument Penilaian Kinerja Dosen Yulia Utami, P. Muslim Rasmanna, Y. Utami, and S. Pelita Nusantara Medan, “Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrument Penilaian Kinerja Dosen,” J. Sains dan Teknol., vol. 4, no. 2, pp. 21–24, Feb. 2023, doi: 10.55338/SAINTEK.V4I2.730.