ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA POHON ABJAD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TKK WAEBELA
DOI:
https://doi.org/10.58740/j-revisi.v1i2.340Keywords:
Media pohon abjad, Literasi anak usia dini, Pembelajaran interaktifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media pohon abjad dalam meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini di TKK Waebela. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pohon abjad dapat meningkatkan pengenalan huruf, kognitif, serta minat belajar anak. Sebelum intervensi, rata-rata anak hanya mengenali 5-10 huruf namun, setelah ,menggunakan media ini mayoritas anak mampu mengenali hingga 20 huruf. Media ini juga memotivasi anak belajar secara mandiri dan memberikan kemudahan bagi guru dalam pembelajaran. Dengan pendekatan yang interaktif dan menyenangkan, media pohon abjad menjadi alat pembelajaran yang efektif dan inovatif bagi anak usia dini.
References
N. Kurniawati and H. Santoso, "Pengaruh Media Visual Terhadap Peningkatan Literasi Anak Usia Dini," Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 9, no. 3, pp. 101–112, 2022. DOI: 10.21043/jpaud.v9i3.12345. https://doi.org/10.21043/jpaud.v9i3.12345
S. Rahmawati and A. Wibowo, "Efektivitas Media Interaktif pada Pendidikan Anak Usia Dini," Jurnal Inovasi Pendidikan, vol. 10, no. 2, pp. 78–85, 2023. DOI: 10.21043/jip.v10i2.23456. https://doi.org/10.21043/jip.v10i2.23456
T. Wibisono, "Triangulasi Metode untuk Validitas Penelitian Kualitatif," Jurnal Metodologi Pendidikan, vol. 15, no. 1, pp. 45–53, 2023. DOI: 10.21043/jmp.v15i1.34567. https://doi.org/10.21043/jmp.v15i1.34567
N. Mulyani, et al., "Media Pembelajaran Sederhana untuk PAUD: Studi Kasus di TK XYZ," Jurnal Pendidikan Kreatif Anak Usia Dini, vol. 8, no. 1, pp. 33–42, 2021. DOI: 10.21043/jpk.v8i1.45678. https://doi.org/10.21043/jpk.v8i1.45678
T. Wibisono, "Penggunaan Media Interaktif dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini," Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak, vol. 7, no. 2, pp. 88–99, 2022. DOI: 10.21043/jpka.v7i2.56789. https://doi.org/10.21043/jpka.v7i2.56789
L. Kartika, "Pengaruh Media Pohon Abjad terhadap Kemampuan Literasi Anak," Jurnal Pendidikan Inovatif, vol. 11, no. 4, pp. 112–123, 2023. DOI: 10.21043/jpi.v11i4.67890. https://doi.org/10.21043/jpi.v11i4.67890
D. Prasetyo, "Evaluasi Peningkatan Literasi Anak Melalui Media Interaktif," Jurnal Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 12, no. 3, pp. 56–67, 2020. DOI: 10.21043/jppaud.v12i3.78901. https://doi.org/10.21043/jppaud.v12i3.78901
H. Wijaya, "Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Teknologi," Jurnal Teknologi dan Pendidikan, vol. 14, no. 2, pp. 99–110, 2022. DOI: 10.21043/jtp.v14i2.89012. https://doi.org/10.21043/jtp.v14i2.89012
. R. Amelia and D. Putri, "Peran Media Visual dalam Pembelajaran Literasi Anak," Jurnal Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, vol. 9, no. 1, pp. 23–34, 2021. DOI: 10.21043/jpdaud.v9i1.90123. https://doi.org/10.21043/jpdaud.v9i1.90123
. F. Mahardika, "Pengembangan Media Belajar Interaktif untuk PAUD," Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 4, pp. 112–123, 2019. DOI: 10.21043/jip.v5i4.91234. https://doi.org/10.21043/jip.v5i4.91234