ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP IPA MELALUI PRATIKUM SEL HEWAN DAN TUMBUHAN DI SMPN 1 INERIE
DOI:
https://doi.org/10.58740/j-revisi.v1i2.328Keywords:
Kegiatan Praktikum, Pembelajaran IPA, Minat SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) setelah mengikuti kegiatan praktikum di SMPN 1 Inerie. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan kuesioner (angket) dengan pendekatan Kuesioner yang Dikelola Sendiri (Self-Administered Questionnaires). dengan melibatkan 37 siswa sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang terdiri dari pertanyaan terkait pemahaman konsep IPA sebelum dan setelah kegiatan praktikum. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep sains siswa, dengan 80% siswa melaporkan bahwa mereka merasa lebih memahami materi setelah mengikuti praktikum. Kegiatan praktikum terbukti efektif dalam memberikan pengalaman langsung yang mendukung proses belajar siswa, serta meningkatkan minat dan motivasi mereka terhadap pelajaran IPA. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan praktikum memainkan peran penting dalam meningkatkan pemahaman konsep sains di kalangan siswa SMP. Implikasi penelitian menunjukkan bahwa praktikum tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa, tetapi juga memotivasi mereka untuk belajar lebih aktif dan mendukung pengembangan keterampilan sosial melalui kolaborasi. Selain itu, temuan ini menekankan perlunya guru memanfaatkan pendekatan praktikum secara optimal dan sekolah memberikan dukungan infrastruktur yang memadai untuk menunjang pelaksanaannya.
References
D. Yusni, B. Supriatno, and D. Anggraeni, "Analisis, Uji Coba, dan Rekonstruksi Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Sel untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, "Jurnal “Basicedu”,vol.7,no.3,pp.1500-1510, 2023.DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5340
D. A. Bansu, Ramlawati, dan S. R. Yunus, "Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Replika Sel Hewan dan Sel Tumbuhan di SMPN 1 Wonomulyo," “Jurnal Kemitraan Masyarakat”, vol. 2, no. 2, hlm. 144-153, 2023.
DOI : https://doi.org/10.2685/jkm.v2i2.56945
A. Hidayat dan E. Sudibyo, "Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP," *PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains*, vol. 8,no. 3, hlm. 330–333, 2020 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38409
N. Ul Afifah, T. P. Octaviani, dan U. Sholikhah, "Analisis Pemahaman Konsep IPA pada Siswa SMP dengan Kegiatan Praktikum," *Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA*, vol. 10, no. 2, hlm. 145-149, 2021. DOI: https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57258
N. A. Islami, H. Hasanuddin, dan S. R. Yunus, "Implementasi Penggunaan Alat Peraga IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Psikomotorik dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 2 Marioriwawo," *Jurnal IPA Terpadu*, vol. 3, no. 2, hlm. 62-74, 2020. DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i2.12405
A. N. Firdaus, "Pengembangan Media Pembelajaran Replika Sel Hewan dan Sel Tumbuhan di MA Negeri 10 Jombang," *Journal of Education and Management Studies*, vol. 6, no. 2, pp. 7-11, 2023. https://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/747
E. Kustiati dan N. Hidayati, "Analisis Pelaksanaan Praktikum dan Permasalahannya pada Materi Organisasi Kehidupan di Sekolah Menengah Pertama," *Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi*, vol. 5, no. 1, hlm. 34-40, 2021. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/13282.
R. Bansu, Ramlawati, dan B. Yunus, "Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMPN 1 Wonomulyo," *Jurnal Kemitraan Masyarakat*, vol. 2, no. 2, hlm. 51-60, 2023. [Online]. Tersedia: https://ojs.unm.ac.id/jkm/article/view/56945
N. Hidayati dan B. Supriyadi, " Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa : Sebuah Kajian Korelasi," *Jurnal Pendidikan Biologi*, vol. 8, no. 1, hlm. 20-30. https://journal.yp3a.org/index.php/diajar/article/view/2250
I. Sari and B. Santoso, "Efektivitas Pembelajaran Praktikum dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA pada Siswa Kelas VII SMPN di Yogyakarta," *Jurnal Pendidikan Dasar*, vol. 5, no. 3, pp. 112-118, 2021. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jpd/article/view/31907
N. U. Afifah, T. P. Octaviani, and U. Sholikhah, “Analisis Pemahaman Konsep IPA Pada Siswa SMP Dengan Kegiatan Praktikum,” INKUIRI J. Pendidik. IPA, vol. 10, no. 2, p. 146, 2021. DOI: 10.15294/USEJ.V4I3.8838
M. Anas et al., “Pelatihan Guru IPA SMP Mendesain Media Praktikum Berbasis Physics Education Technology Di Kabupaten Konawe Training Junior High School Science Teachers to Design Practical Media Based on Physics Education Technology in Konawe Regency mengelola pembelajara,” vol. 6, no. 2, pp. 399–407, 2024. DOI: 10.36312/sasambo.v6i2.2017
R. Rahmawati, “Media Alternatif Praktikum Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar,” Tarb. Al-Awlad J. Kependidikan Islam Tingkat Dasar, vol. 14, no. 1, pp. 83–90, 2024,
Doi: 10.15548/alawlad.v14i1.8668.
H. Nurhayati and N. W. , Langlang Handayani, “Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3(2), 524–532, 2020: https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
J. Pendidikan, “Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi,” vol. 12, no. 1, pp. 273–288, 2025. DOI: 10.47668/edusaintek.v12i1.1460