EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN RESITASI BERBANTUAN MODUL PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KETENAGALISTRIKAN DI SMK

Authors

  • Adrian Apriatama Universitas Negeri Padang
  • Fivia eliza Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.58740/j-revisi.v1i2.291

Keywords:

Metode Pembelajaran, Resitasi, Hasil Belajar, SMKN 1 Pariaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran resitasi berbantuan modul pada mata pelajaran Dasar-Dasar Ketenagalistrikan di SMK. Model pembelajaran yang saat ini digunakan cenderung monoton dan tidak memberikan variasi yang cukup. Hal ini menyebabkan siswa merasa bosan dan kurang termotivasi untuk belajar, yang berdampak pada hasil belajar mereka. Oleh karena itu, diperlukan adanya penelitian dengan penerapan metode pembelajaran resitasi berbantuan modul pada mata pelajaran Dasar-Dasar Ketenagalistrikan di SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dalam bentuk pre-experimental design dengan rancangan one group pretest posttest design. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan meliputi soal pretest dan posttest dengan hasil akhir dalam bentuk data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ketuntasan klasikal hasil belajar siswa dan analisis effect size. Berdasarkan temuan penelitian pada siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Pariaman dengan menggunakan metode pembelajaran resitasi berbantuan modul pada mata pelajaran Dasar-Dasar Ketenagalistrikan di SMK. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai penerapan metode pembelajaran resitasi berbantuan modul pada mata pelajaran Dasar-Dasar Ketenagalistrikan di SMK Negeri 1 Pariaman, dapat disimpulkan bahwa metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata dari 68,19 (pretest) menjadi 82,45 (posttest), tercapainya ketuntasan klasikal 100% dimana seluruh siswa berhasil memperoleh nilai di atas Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditetapkan yaitu 70, serta didukung oleh nilai effect size sebesar 2,468 yang termasuk dalam kategori besar. Penerapan metode ini juga berhasil menciptakan lingkungan belajar yang lebih aktif dan produktif, dimana siswa dapat berpikir kritis, kreatif, dan mampu memecahkan masalah secara mandiri, sehingga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Ketenagalistrikan.

References

Jaya, H. (2012). Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Kegiatan Praktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 81–90.

Purnomo, D. (2017). Model prototyping pada pengembangan sistem informasi. JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 2(2).

Wassahua, S. (2016). Analisis gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada materi himpunan siswa kelas VII SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Matematika dan Pembelajaran, 4(1), 84-104.

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(3), 368-378.

Novita, Lina. dkk. (2019) Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education. 3(2): halaman 64-72

Andrini, V. S. (2022). EFEKTIVITAS METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS GUNA PENINGKATAN DISIPLIN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Jurnal Ilmu Pendidikan Ekonomi, 3(2).

Jamil, Suprihatiningrum. (2016). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Saefudin, S., & Wahyuningsih, S. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada RSUD Serang. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 1.

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta

S. Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi), 2009.

Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta.

Irawati, I. Pengaruh Penerapan Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kelas XI IPS SMA. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 9(1).

Irfan, M. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 1(1), 47-55.

Bhandari, P. (2020). What is Effect Size and Why Does it Matter? Scribbr.Com. https://www.scribbr.com/statistics/effect-size/

A. Santoso, “Studi deskriptif effect size penelitian-penelitian di fakultas psikologi universitas sanata dharma,” J. Penelit., vol. 14, no. 1, 2010

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Apriatama, A., & eliza, F. (2024). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN RESITASI BERBANTUAN MODUL PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KETENAGALISTRIKAN DI SMK. Jurnal Riset Edukasi, Vokasi, Inovasi, Dan Sosial, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.58740/j-revisi.v1i2.291