INOVASI PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DENGAN MEDIA BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.58740/j-revisi.v1i1.227Keywords:
Media Pembelajaran, Android, PengembanganAbstract
Berbagai inovasi dalam penggunaan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran perlu terus dilakukan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan inovasi pembelajaran komputer dan jaringan dasar dengan media pembelajaran berbasis android yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yang dikembangkan oleh ploom yakni Investigasi awal, perancangan, realisasi dan testing. Subjek penelitian ini melibatkan 3 orang ahli dalam menilai validitas media yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen validasi yang diberikan kepada 3 orang ahli media dan jaringan komputer. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa media pembelajaran berbasis android yang valid untuk digunakan pada jaringan dasar di sekolah menengah kejuruan. Temuan ini dapat menjadi dasar pengambilan keputusan dalam memilih media untuk memfasilitasi pembelajaran yang efektif dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Meskipun media telah valid, namun masih perlu dilakukan uji efektivitasnya dimasa yang akan datang.
References
A. Fitri, “Inovasi Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar,” Karimah Tauhid, vol. 2, no. 2, pp. 442–448, Apr. 2023, https://doi.org/10.30997/KARIMAHTAUHID.V2I2.7946
A. M. Nawahdani, E. Triani, M. Z. Azzahra, M. Maison, D. A. Kurniawan, and D. Melisa, “Hubungan Minat dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran Fisika,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 12–18, Mar. 2022, https://doi.org/10.23887/JPPP.V6I1.41986
I. Muchlasin, R. U. Ambarwati, D. S. Khalimi, K. Muyasaroh, R. Ayu, and C. Author, “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information Communication Technologi) dalam Meningkatkan Belajar Siswa,” Soc. Sci. Acad., vol. 2, no. 1, pp. 97–104, Feb. 2024, https://doi.org/10.37680/SSA.V2I1.4826
I. A. Pramesti, N. Faujiyah, P. Rahmawati, A. Hamid, and M. Hafiyusholeh, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam,” J. Penelit., vol. 17, no. 1, pp. 169–192, Sep. 2023, https://doi.org/10.21043/JP.V17I1.21841
F. Eliza et al., “Android-Based Mobile Learning Application Using App Inventor on Computer Operating System Material: The Development and Validity Study,” TEM J., vol. 13, no. 1, pp. 624–634, 2024, https://doi.org/10.18421/TEM131-65
F. Eliza et al., “Effective virtual laboratory to build constructivist thinking in electrical measurement practicum,” Indones. J. Electr. Eng. Comput. Sci., vol. 34, no. 2, pp. 814–824, May 2024, https://doi.org/10.11591/IJEECS.V34.I2.PP814-824
F. Eliza et al., “Revolution in Engineering Education through Android-Based Learning Media for Mobile Learning: Practicality of Mobile Learning Media to Improve Electrical Measuring Skills in the Industrial Age 4.0,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 17, no. 20, pp. 60–75, Nov. 2023, https://doi.org/10.3991/IJIM.V17I20.42093
R. Fadli et al., “Effectiveness of Mobile Virtual Laboratory Based on Project-Based Learning to Build Constructivism Thinking,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 18, no. 06, pp. 40–55, Mar. 2024, https://doi.org/10.3991/IJIM.V18I06.47643
L. Heny, N. 1?, and K. E. Yudiana, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT Pada Mata Pelajaran IPS SD,” Widyaguna J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 95–105, Apr. 2023, Accessed: Jul. 18, 2024. [Online]. Available: https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/pgsd/article/view/3501
A. E. Syfani, D. Surani, and A. Fricticarani, “Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Era Society 5.0 di Kelas VIII Daar Al-Ilmi,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 4, pp. 2627–2733, Aug. 2023, https://doi.org/10.31004/INNOVATIVE.V3I4.3780
I. Hidayat, N. Naziha, and A. D. Purnama, “Increased Learning Outcomes in Effective Learning Models Application According to the Plomp,” JLE J. Lit. English Educ. Study Progr., vol. 3, no. 02, pp. 41–45, Dec. 2022, https://doi.org/10.47435/JLE.V3I02.1343
M. Fadli, R. Sefriani, and I. Wijaya, “Validitas Media Pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Berbasis Augmented Reality,” J. Res. Investig. Educ. , pp. 65–69, Sep. 2023, https://doi.org/10.37034/RESIDU.V1I3.152
N. Nurhikmah, W. Isnaeni, and S. Sulistriorini, “Pengembangan Media Pembelajaran Alfabet Konstruksi Berbasis Android untuk Meningkatkan Literasi Membaca dan Literasi Digital,” Cokroaminoto J. Prim. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 63–72, Apr. 2023, https://doi.org/10.30605/CJPE.612023.2506
R. Aisyah and S. Sulaikho, “Validitas Media Pembelajaran Ispring Suite Berbasis Android Pada Pemahaman Shalat Jama’ dan Qashar,” TARLIM J. Pendidik. AGAMA Islam, vol. 4, no. 2, pp. 169–177, Oct. 2021, https://10.32528/TARLIM.V4I2.5423
S. Dewimarni, R. Rizalina, and Z. Zefriyenni, “Validitas Media Pembelajaran Statistika Berbasis Android dengan Teknik Peta Konsep untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Statistika,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, pp. 329–337, Jan. 2022, https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V6I1.1087
A. Pada et al., “VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN,” J. Inov. Pendidik. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 9–15, Feb. 2020, https://doi.org/10.52060/PTI.V1I1.302
L. B. Tristanti, J. Dian, and N. Iffah, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI RUANG BERBASIS ANDROID BERBANTUAN SMART APPS CREATOR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBUKTIAN,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 11, no. 3, pp. 1716–1728, Sep. 2022, https://doi.org/10.24127/AJPM.V11I3.5103