HUBUNGAN PERANAN ORANG TUA/WALI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.58740/j-revisi.v1i1.205Keywords:
Peranan Orang Tua, Motivasi Belajar, Metode Kombinasi, Siswa SMK, Analisis Kuantitatif dan KualitatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana peranan orang tua/wali terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mixed methods) yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian terdiri dari 82 siswa SMK Negeri 5 Padang. Data kuantitatif dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan Korelasi Produk Moment, sementara data kualitatif diperoleh melalui wawancara mendalam dengan orang tua siswa. Hasil kuantitatif menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara peranan orang tua/wali dan motivasi belajar siswa, dengan nilai rhitung sebesar 0.597 yang lebih besar daripada rtabel 0.220. Hasil kualitatif mengungkap bahwa peranan orang tua sangat baik pada indikator fungsi sosiologis, protektif, dan afeksi, namun masih terdapat kendala pada indikator fungsi edukatif dan ekonomis, terutama terkait dengan keterbatasan sarana dan prasarana serta kondisi ekonomi keluarga. Kesimpulannya, dukungan orang tua/wali memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, namun diperlukan peningkatan infrastruktur pendidikan dan dukungan ekonomi untuk memaksimalkan hasil belajar. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya sinergi antara orang tua, sekolah, dan pemerintah dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak.
References
E. Susilowati and E. Surani, “HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN PERKEMBANGAN MENTAL EMOSIONAL ANAK USIA PRA SEKOLAH DI KELURAHAN GEBANGSARI KECAMATAN GENUK KOTA SEMARANG,” J. Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa, vol. 7, no. 2, pp. 54–61, Jun. 2020, https://doi.org/10.29406/JKMK.V7I2.2035
E. Suprayitno, Z. Yasin, D. Kurniati, and R. Rasyidah, “Peran Keluarga Berhubungan dengan Tumbuh Kembang Anak Usia Pra Sekolah,” J. Heal. Sci. (Jurnal Ilmu Kesehatan), vol. 6, no. 2, pp. 63–68, 2021, doi: 10.24929/JIK.V6I2.1674.
T. M. Feranina and C. Komala, “Sinergitas Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendidikan Karakter Anak,” J. Perspekt., vol. 6, no. 1, pp. 1–12, Jul. 2022, https://doi.org/10.15575/JP.V6I1.163
E. Fitria, U. Amalia, and D. I. Handayani, “Penguatan Peran Orangtua Dalam Mendampingi Siswa SLB Belajar Daring,” Pros. Semin. Nas. Pengabdi. Masy. Univ. Ma Chung, vol. 1, pp. 55–64, Oct. 2021, https://doi.org/10.33479/SENAMPENGMAS.2021.1.1.55-64
P. Olivianti, A. Yunarta, and M. Pd, “Survei Motivasi Belajar (Intrinsik dan Ekstrinsik) Siswa Dalam Pembelajaran Online Mata Pelajaran PJOK Kelas XI di Tingkat Sekolah Menengah Atas se-Kecamatan Ploso Tahun Pelajaran 2020/2021,” Smart Sport, vol. 18, no. 1, Feb. 2021, https://doi.org/10.20961/RUMI.V18I1.48508
E. Syarah, A. Asdar, and M. Muhamadiyah, “Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Se-Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang,” Bosowa J. Educ. , vol. 2, no. 1, pp. 33–39, Dec. 2021, https://doi.org/10.35965/BJE.V2I1.1178
I. Mursi and R. Ristiono, “Hubungan Motivasi Belajar Ekstrinsik dengan Kompetensi Belajar Kognitif Selama Pembelajaran Daring Biologi,” J. Lesson Learn. Stud., vol. 4, no. 1, pp. 125–130, Apr. 2021, https://doi.org/10.23887/JLLS.V4I1.34172
R. W. Wijaya, A. Purnomo, and I. Idris, “Pengaruh dukungan orangtua terhadap motivasi belajar anak selama pembelajaran jarak jauh,” SOCIA J. Ilmu-Ilmu Sos., vol. 18, no. 2, pp. 113–120, Dec. 2021, https://doi.org/10.21831/SOCIA.V18I2.40503
A. Sukatno, L. Laka, and D. G. B. Kusumawanta, “Pengaruh Komunikasi Orang Tua dan Motivasi Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa di SDK Mardi Wiyata 2 Berdasarkan Dokumen Gravissimum Educationis,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 4, pp. 4826–4834, Aug. 2022, https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I4.6237
W. Cendana and E. Siswanto, “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Pemberian Apresiasi Secara Sinkronus,” Cendekiawan, vol. 4, no. 1, pp. 43–49, Jun. 2022, https://doi.org/10.35438/CENDEKIAWAN.V4I1.252