Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan App Inventor pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Kata
DOI:
https://doi.org/10.58740/juwara.v1i1.8Keywords:
media pembelajaran, android, perangkat lunak pengolah kata, learning Media, word processing softwareAbstract
Abstrak
Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian dan Pengembangan. Data yang dikumpulkan melalui metode angket kemudian dilakukan analisis dengan mengubah rata-rata hasil skor ke dalam bentuk persentase. Media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran simulasi digital telah teruji kelayakannya oleh ahli media diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 82,66% dengan kategori “Layak”. Sedangkan hasil pengujian oleh ahli materi diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 90,97% dengan kategori “Layak”. Adapun hasil uji kelayakan oleh siwa adalah 85,17% yang termasuk dalam kategori “Layak”. Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan. Peneliti melakukan perancangan media pembelajaran berdasarkan hasil pada tahap analisis.
Abstract
The research method used is Research and Development. The data were collected through a questionnaire method and then analyzed by changing the average score results into a percentage. Android-based learning media on digital simulation subjects have been tested for their feasibility by media experts, with an overall average of 82.66% in the "Eligible" category. While the test results by material experts obtained an overall average of 90.97% in the "Eligible" category. The results of the feasibility test by the students were 85.17% which was included in the "Eligible" category. So that overall it can be concluded that the learning media developed is suitable for use. Researchers designed instructional media based on the results at the analysis stage.
References
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Aproach. London: Springer.
Dixit, P. K. (2014). Android. India: Vikas.
Irianto, D. (2017). Industry 4.0; The Challenges of Tomorrow. Disampaikan pada Seminar Nasional Teknik Industri, Batu-Malang.
Ismail, M., Masran, S., Rahim, M., Faizal, A., & Marian, M. (2017). Development of Electrical Discharge Machine Die Sinking Application Using Android Platform. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, Volume 23, Number 4, 108 October 2017, 7. Dipetik Juni 5, 2018, dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/12825/9832
Ismayani, A. (2018). Cara Mudah Membuat Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android dengan Thunkable. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Kagermann, H., Wahlster, W., & Helbig, J.(2013). Recommendations for Implementing the Strategic Initiative Industrie 4.0. Industrie 4.0 Working Group, Germany.
Kusuma, Y. (2011). Membedah Kehebatan Android. Jakarta: Grasindo.
Lestari dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.
Munib, A., 2012. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Mulyadi. (2013). Android App Inventor. Yogyakarta: Multimedia Centre Publishing.
Nana Sudjana. (2013). Dasar - Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development (3rd ed.). Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 wahyu setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license used.