Efektivitas Pendekatan Blended Learning Berbantuan E-Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.58740/juwara.v4i1.73

Keywords:

e-learning, blended learning, hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan teknologi dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif sangatlah dibutuhkan, salah satunya menggunakan platform e-learning dengan pendekatan blended learning yang mengintegrasikan pembelajaran tatap muka (face to face) dan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pendekatan blended learning berbantuan e-learning terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Listrik Elektronika Otomotif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent group design. Jumlah populasi penelitian sebanyak 107 mahasiswa yang terbagi dalam 8 kelas dan sampel penelitian sebanyak 30 mahasiswa yang terdiri dari 15 mahasiswa kelas A dan 15 mahasiswa kelas B. Purposive sampling adalah teknik yang digunakan dalam penentuan sampel penelitian. Berdasarkan saran dari dosen pengampu mata kuliah, maka ditentukan bahwa yang menjadi kelas kontrol adalah kelas A dan kelas eksperimen adalah kelas B. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dengan alat pengumpul datanya berupa dokumen nilai hasil belajar mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar kelas B lebih tinggi dari kelas A. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan blended learning berbantuan e-learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

ABSTRACT

Technological developments in realizing effective learning are really needed, one of which is using an e-learning platform with a blended learning approach that integrates face-to-face learning and online learning. This research aimed to measure the effectiveness of the blended learning approach assisted by e-learning on student learning outcomes in the Automotive Electrical Electronics course. The research method used was quasi-experimental with a non-equivalent group design. The total research population was 107 students divided into 8 classes and the research sample was 30 students consisting of 15 class A students and 15 class B students. Purposive sampling was the technique used in determining the research sample. Based on suggestions from the course lecturer, it was determined that the control class was class A and the experimental class was class B. The data collection technique used documentation with data collection tools in the form of documents on student learning outcomes. The data analysis technique used was the t-test. The research results showed that the learning outcomes for class B were higher than the learning outcomes for class A. Based on the results of this research, it can be concluded that the blended learning approach assisted by e-learning was effective on student learning outcomes.

References

Afianti, R., Herkulana, H., & Syahrudin, H. (2019). Pengaruh Motivasi Instrinsik dan Motivasi Ekstrinsik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(10), 1-11. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i10.36818.

Arpan, M., Sulistiyarini, D., & Santoso, D. (2016). Effect of Motivaton and Creativity on Students’ Psychomotor Ability. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 1(2), 71-75. http://dx.doi.org/10.26737/jetl.v1i2.42.

Astriyani, S. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa. Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara, 2(2), 157-163. https://doi.org/10.58740/juwara.v2i2.59.

Aswinda, N. P., & Karista, Y. (2022). Dampak Implementasi Kurikulum Sekolah Penggerak terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 8 Pontianak. Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara, 2(1), 68-79. https://doi.org/10.58740/juwara.v2i1.43.

Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 5(2), 11-16. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.105133.

Azzahra, D. N., Ningsih, G. M., & Putri, D. S. (2023). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning terhadap Minat Belajar Mahasiswa (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28804-28808. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11587.

Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(2), 13-17. https://doi.org/10.30596/jppp.v1i2.4948.

Bonar, N., Repo, F. M., & Calesti, N. (2021). Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Masa Pandemi dengan Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara, 1(2), 172-185. https://doi.org/10.58740/juwara.v1i2.19.

Chalim, S. (2018). Pengaruh Misi, Kurikulum, dan Kepemimpinan di Perguruan Tinggi terhadap Perilaku Anti-Radikalisme Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 33-43. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.728.

Dewi, C., Yanto, D. T. P., & Hastuti, H. (2020). The Development of Power Electronics Training Kits for Electrical Engineering Students: A Validity Test Analysis. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 3(2), 114-120. https://doi.org/10.24036/jptk.v3i2.9423.

Fahyuni, E. F., Taurusta, C., Rindaningsih, I., Burhan, N. B. M., & Khuluqo, I. E. (2023). Self-Regulated Learning Students with Personalized E-Learning. Academia Open, 8(2), 1-13. https://doi.org/10.21070/acopen.8.2023.7201.

Feladi, V., Arpan, M., & Verawardina, U. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi di SMP Negeri 2 Siantan Kabupaten Mempawah. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 32-42. https://doi.org/10.31571/gervasi.v1i1.597.

Fitrawansah, F., Sultan, S., Alif, J. K., Isma, A. A., Yope, S. A., & Harviani, E. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Media E-Learning Berbasis Moodle. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 13884-13892.

Genarsih, T., & Tisngati, U. (2023). Peran Motivasi Belajar dalam Memediasi Pengaruh Penggunaan E-Learning dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(2), 73-83. https://doi.org/10.21137/jpp.2023.15.2.1.

Hakim, A. (2023). E-Learning Bebasis Wordpress Mobile Solusi Media Belajar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(4), 715-728. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/modeling.v10i4.1901.

Hartina, L., Rosidin, U., & Suyatna, A. (2020). Pengaruh Penerapan Instrumen Performance Assessment pada Pembelajaran IPA Berbasis Laboratorium Real terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 6(1), 25-31. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.299.

Hasana, I., Saptasari, M., & Wulandari, N. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI Materi Sistem Ekskresi dan Koordinasi di SMAN 9 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 52-56. http://dx.doi.org/10.17977/um052v8i2p52-56.

Huda, Y., Tasrif, E., Saragih, F., Mustakim, W., & Vebriani, N. (2023). Meta Analisis Pengaruh Media E-Learning terhadap Hasil Belajar pada Pendidikan Kejuruan. Journal on Education, 5(2), 2808-2820. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.929.

Leader, B., Martias, & Wagino. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Sistem Pengapian Kelas XI TKR SMKN 2 Muara Bungo. Automotive Engineering Education Journals, 7(1), 1-8.

Lesmana, C., & Arpan, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Psikomotor, Aktivitas Belajar, dan Respon Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(1), 8-19. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v6i1.483.

Lusia, A., Dulhadi, D., Izmi, I., Nurbeti, N., & Kenedy, Y. (2022). Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dan Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Siswa. Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara, 2(2), 146-156. https://doi.org/10.58740/juwara.v2i2.55.

Malla, H. A. B., Herlina, H., & Misnah, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Berpikir terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Filsafat Pendidikan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 218-233. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i3.8926.

Miftachurohmah, N., Tanjung, T., Kasim, R. A., Alfit, I., & Azila, D. N. (2024). Analisis Anteseden E-Learning, Kesiapan Digital dan Perilaku Penggunaan terhadap Kinerja E-Learning. Jurnal Pendidikan Terapan, 2(1), 10-24. https://doi.org/10.61255/jupiter.v2i1.224.

Miharja, W. (2022). Pemanfaatan Quipper School sebagai Media Pendukung Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sungai Raya. Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara, 2(2), 94-109. https://doi.org/10.58740/juwara.v2i2.52.

Miharja, W., Rycka, R., & Marguin, M. (2022). Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Kegiatan Layanan Bimbingan Karir melalui Metode Konseling. Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara, 2(1), 1-14. https://doi.org/10.58740/juwara.v2i1.39.

Nasution, I. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika-FKIP UMSU. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 160-166. https://doi.org/10.30743/mes.v4i2.1292.

Pratiwi, U., & Fasha, E. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian JOTS Berbasis Kurikulum 2013 terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123-142. http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330.

Risnawati, E. R., Viddyartha, R. N., Al-Ghiffari, S., & Laoh, F. J. J. (2023). Metode Systematic Literature Review Efektivitas Platform E-Learning pada Mahasiswa. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6), 1690-1713. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.392.

Ronald, J. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Sosiodrama terhadap Hasil Belajar Materi Hukum Dagang pada Mahasiswa 2014 Sesi F Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI SUMBAR. ECONOMICA: Journal of Economic and Economic Education, 5(2), 106-112. https://doi.org/10.22202/economica.2016.v5.i2.327.

Sari, R. M. (2019). Pengaruh Kurikulum 2013 terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Komunitas Bahasa, 7(1), 33-38. https://doi.org/10.36294/jkb.v7i1.785.

Sii, P., Verawardina, U., Arpan, M., & Sulistiyarini, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran KKPI terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(2), 166-176. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v6i2.642.

Sinar. (2018). Metode Active Learning (Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa). Yogyakarta: Budi Utama.

Siregar, F. (2024). Penggunaan E-Learning Moodle untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran pasa Saat Pandemi pada Mata Kuliah Pembelajaran IPA. Journal on Education, 6(2), 14736-14746. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5292.

Sitompul, H., Setiawan, D., & Purba, E. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Desain Sistem Instruksional Pendekatan TPACK. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, 4(2), 141-146. https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8761.

Sopanda, L., Sari, S. K. N., & Mardiana, M. (2022). Integrasi Geogebra dan Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi SPLDV. Juwara Jurnal Wawasan dan Aksara, 2(1), 25-36. https://doi.org/10.58740/juwara.v2i1.36.

Sukardi, S., & Rozi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Online Dilengkapi dengan Tutorial terhadap Hasil Belajar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 4(2), 97-102. https://doi.org/10.29100/jipi.v4i2.1066.

Sukidal, N., Marlina, D., & Anawati, S. (2022). Meninjau Kembali Inovasi dan Hakikat Pembelajaran Akidah Akhlak. An-Nahdhah Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 15(1), 23-37.

Sulistiyarini, D., Bibi, S., Fatmawati, E., & Arpan, M. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif di SMP dan SMK Mandiri Pontianak. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 39-46. https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i1.811.

Sumadji, S. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(2), 653-662. https://doi.org/10.21067/jip.v5i2.799.

Sumarni, S., & Wardani, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Komunitas. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 8(2), 90-94. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.120.

Suryani, L., & Dhiki, Y. Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Geometri Ruang pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. JUPIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 71-80. https://doi.org/10.37478/jupika.v3i2.672.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syahrani, P. S., Alfurqan, A., & Hidayat, A. (2023). Analisis Penggunaan E-Learning terhadap Minat Belajar Mahasiswa Program Studi PAI dalam Mata Kuliah Umum Universitas Negeri Padang. AS-SABIQUN, 5(3), 826-837. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i3.3329.

Thobroni, M. (2016). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Wigati, A. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Intrinsik dan Motivasi Belajar Ekstrinsik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IIS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3), 1-7. https://doi.org/10.26740/jupe.v4n3.

Winarni, S. C., & Suwisi, S. (2014). Pengaruh Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Semester I Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara Malang. Biomed Science, 2(1), 15-21.

Zakhiha, N. A., Wagino, Maksum, H., & Purwanto, W. (2023). Kontribusi Persepsi Mahasiswa tentang Pelaksanaan Pembelajaran Partisipatif Berbasis E-Learning terhadap Hasil Belajar Teknologi Alat Berat Departemen Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang. MSI Transaction on Education, 4(4), 175-182. https://doi.org/10.46574/mted.v4i4.118.

Zaus, M., & Krismadinata, K. (2018). Suatu Kajian Literatur Masalah-Masalah yang Dihadapi dalam Mata Kuliah Jaringan Komputer. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(2), 1-8. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.263.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Syaifullah, L., Ambiyar, A., Zaus, M. A. ., & Arpan, M. (2024). Efektivitas Pendekatan Blended Learning Berbantuan E-Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.58740/juwara.v4i1.73

Issue

Section

Articles