Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Materi Sistem Indra Pendengaran pada Manusia

Authors

  • Irwan Wijaya Arianto Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Awanis Hidayati Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Aditya Pratama Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.58740/juwara.v3i2.69

Keywords:

Android, Augmented reality, Indra Pendengaran, Sense of Hearing

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menggunakan metodologi Penelitian Rerearch and Development (R&D). Langkah-langkah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android menggunakan model MDLC dimana model ini memiliki 6 tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Aplikasi Augmented Reality berbasis android ini berhasil menampilkan objek 3D berupa organ telinga yang membantu pengguna memahami struktur dan fungsi indra pendengaran. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini mendapat respon positif dari pengguna, dan mampu meningkatkan minat siswa dalam mempelajari indra pendengaran manusia. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif di bidang biologi

Abstract

This research uses the Research and Development (R&D) methodology. The steps to develop android-based learning media use the MDLC model where this model has 6 stages, namely concept, design, material collecting, assembly, testing and distribution. This android-based Augmented Reality application successfully displays 3D objects in the form of ear organs that help users understand the structure and function of the sense of hearing. The test results show that this application gets a positive response from users, and is able to increase student interest in learning the human sense of hearing. This research makes an important contribution to the development of more interactive and effective learning methods in the field of biology.

References

Arpan, M., Budiman, R. D. A., & Verawardina, U. (2018). Need Assessment Penerapan Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Jaringan Komputer Berbasis Augmented Reality. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 48-56.

Budiman, R. (2016). Developing learning media based on augmented reality (AR) to improve learning motivation. Journal of Education, Teaching and Learning, 1(2), 89-94.

Budiman, R. D. A., Arpan, M., & Verawardina, U. (2018). Readiness Assessment Penerapan Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Jaringan Komputer Berbasis Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 7(1), 118-125.

Budiman, R. D. A., Liwayanti, U., & Arpan, M. (2022). Analisis Kebutuhan dan Kesiapan Penerapan Media Pembelajaran berbasis Android Materi Ilmu Akidah. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 6(1), 31-38.

Budiman, R. D. A., & Nurbani, N. (2019). Pengembangan media pembelajaran pengenalan sistem operasi berbasis android. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 183-197.

Budiman, R. D. A., & Verawardina, U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Augmented Reality. METIK JURNAL, 3(1), 38-45.

Fitria, A, 2014, ‘Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini’ Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 2, Hal. 59.

Hanggoro, C, A, Kridalukmana, R & Martono, T, K, 2015. ‘Pembuatan Aplikasi Permainan "Jakarta Bersih" Berbasis Unity’ Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, Vol. 3, No. 4. Hal 504.

Ismawan, K, Sularsa, A & Insanudin, E, 2020, ‘Penerapan Teknologi AR (Ar) Sebagai Media Pembelajaran Aksara Sunda Untuk Sekolah Menengah Pertama’ E-Proceeding Of Applied Science, Vol.6, No.2, Hal. 2.

Iswari, M & Nurhastuti, 2018, Anatomi, Fisiologi Dan Genetik, Padang.

Masripah, S & Ramayanti, L, 2020, ‘Penerapan Pengujian Alpha dan Beta Pada Aplikasi Penerimaan Siswa Baru’, Jurnal Swabumi, Vol. 8, No. 1, Hal. 100.

Nugroho, A & Pramono, A, B, 2017, ‘Aplikasi Mobile AR Berbasis Vuforia Dan Unity Pada Pengenalan Objek 3D Dengan Studi Kasus Gedung M Universitas Semarang’, Jurnal Transformatik, Vol. 14, No. 2, Hal. 87.

Nurrita, T, 2018’ ‘Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Misykat, Vol. 3, No. 1, Hal. 172.

Permana, R., & Budiman, R. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IP Traffic Work Berbasis Augmented Reality. CYBERNETICS, 4(01), 41-49.

Qumillaila, Susanti, H, B & Zulfiani, 2017, ‘Pengembangan AR Versi Android Sebagai Media Pembelajaran Sistem Ekskresi Manusia’, Cakrawala Pendidikan, Th. XXXVI, No. 1, Hal. 68.

Rahayu, S., Iqbal, M., & Budiman, R. D. A. (2021). Efektivitas media pembelajaran matematika berbasis web dan game edukasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 10(2), 177-184.

Safar, Permadi, J & Utomo, S, H, 2018, ‘Aplikasi AR (Ar) Sebagai Media Pembelajaran Siklus Embrio Manusia Berbasis Android’, Jurnal Humaniora Teknologi, Vol. 4, No. 1. Hal. 7.

Sulistyowati, E, Omegawa, W, H, Sukoco, T & Hidayah, S, N, 2016, Buku Siswa Biologi Untuk Sma/Ma Kelas Xi (edisi 2016), Intan Pariwara.

Tafonao, T, 2018, ‘Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa’, Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2, No. 2, Hal. 103.

Ulia, R, I & Rodiansyah, S, F, 2019, ‘Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Sistem Panca Indera Manusia Menggunakan Teknologi AR Untuk Siswa SMP’ Seminar Teknologi Majalengka 4.0, ISSN: 2528-3820, Hal. 40.

Downloads

Published

2023-11-06

How to Cite

Arianto, I. W., Hidayati, A., & Pratama, A. (2023). Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Materi Sistem Indra Pendengaran pada Manusia. Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara, 3(2), 134–143. https://doi.org/10.58740/juwara.v3i2.69

Issue

Section

Articles