Pengaruh Pemanfaatan Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Serly Astriyani SMP Harapan Ananda

DOI:

https://doi.org/10.58740/juwara.v2i2.59

Keywords:

Multimedia Interaktif, Hasil Belajar, Interactive Multimedia, Learning Outcome

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Multimedia Interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Harapan Ananda yang berjumlah 87 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran, dengan alat pengumpul data berupa tes. Penelitian ini menggunakan pretestposttest dua kelompok yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang memanfaatkan Multimedia dengan yang tidak memanfaatkan yakni hanya menggunakan buku teks. Data yang terkumpul, dianalisis dengan menguji perbedaan dua rata-rata (uji-t). Data hasil penelitian di SMP Harapan Ananda pada mata pelajaran IPS  menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dari siswa yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Multimedia Interaktif lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang tidak menggunakan, sehingga terdapat pengaruh pemanfaatan Multimedia Interaktif terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Harapan Ananda.

Abstract

This study aims to determine Interactive Multimedia on student learning outcomes in Social Sciences subjects. This type of research is experimental and the population of this research is all students of class VIII SMP Harapan Ananda, totaling 87 students. Data collection techniques use measurement techniques, with data collection tools in the form of tests. This study used a two-group pretest - posttest which aims to find out the comparison of student learning outcomes that use Multimedia with those that do not use only textbooks. The data collected was analyzed by testing the difference between the two means (t-test). Research data at Harapan Ananda Middle School on social studies subjects show that there are differences in learning outcomes from students who learn by using interactive multimedia-based learning media higher than the learning outcomes of students who do not use them, so there is an effect of using interactive multimedia on learning outcomes of social studies subjects students of class VIII SMP Harapan Ananda.

References

Ariesto, Hadi Sutopo, 2003, Multimedia Interaktif dengan flash, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Davis, Leroy. 2008, Definition of Video, http://en.wikipedia.org/wiki/Video (diakses tanggal 5 Juni 2022).

Djaali, H. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan.Jakarta: Grasindo

Henson, Robin K. Jewell, Linda N. 2001. Teacher Self-Efficacy : Substantive Implications and Measurement Dilemmas. USA. Brooks/Cole.

Hofstetter, Fred T. 2001. Multimedia Literacy. Third Edition. New York .McGraw-Hill International Edition.

Istanto, Freddy H. 2001. Potensi dan Kaidah Perancangan Situs Web Sebagai Media Komunikasi Visual. Nirmana, Volume 3. No.1

ITU-T Recommendation. 1993. Video Codec for Audiovisual Services at px64 kbit/s. H.261 Version 2 PDF.

Kim, Sunwoong & Lee, Ju-Ho. 2010. “Private Tutoring and Demand for Education in South Korea”. South Korea. Economic Development and Cultural Ministry.

Oetomo, Budi Sutedjo Dharma ,2001. Membangun Sistem e-Bussines Berbasis Perspektif Pemakai. Buletin Jendela Informatika Vol.2 No.1. Yogyakarta: Computec

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito

Sudjana, Nana. 2002. Desain dan Analisis Eksperimen. Bandung: Tarsito

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV. Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung : CV. Alfabeta

Supriyatna, Yatna. 2012. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar, http://orangmajalengka.blogspot.com/2012/06/faktor-yang-mempengaruhi-hasil-belajar.html (diakses tanggal 12 Juli 2022 08:20)

Suryabrata, Sumadi. 1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.

Suyanto,Muhammad.2004. Analisis & Desain Aplikasi Multimedia untuk Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Turban, Efraim, et al. (2002) Electronic E-commerce : A Management Prespective International edition. USA. Prentice Hall, Inc.

Wapole, E., Ronald. 1990. Pengantar Statistika. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Wijanarko, 2010 Video Tutorial Bahasa Indonesia, http://www.ahlidesain.com/video-tutorial-bahasa-indonesia.html (diakses tanggal 10 Juli 2022 00:28)

Zeembry. 2005. 123 Tip & Trik. Jakarta. PT Elex Media Komputindo

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Astriyani, S. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa. Juwara: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 2(2), 157–163. https://doi.org/10.58740/juwara.v2i2.59

Issue

Section

Articles