Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dan Picture And Picture terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Apolonia Lusia IKIP PGRI Pontianak
  • Dulhadi Dulhadi IKIP PGRI Pontianak
  • Izati Izmi IKIP PGRI Pontianak
  • Nurbeti Nurbeti IKIP PGRI Pontianak
  • Yohanes Kenedy IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.58740/juwara.v2i2.55

Keywords:

Examples Non Examples, Picture and Picture, Motivasi, Hasil Belajar, Motivation, Learning Outcomes

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non-Examples dan Picture And Picture terhadap hasil belajar siswa pada materi perangkat keras internet ditinjau dari motivasi belajar di kelas XI SMA Negeri 1 Toba Kabupaten Sanggau. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen, bentuk factorial design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa tes bentuk soal pilihan ganda dan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan anava dua jalur. Hasil uji anava menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar sesudah diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dan Picture and Picture pada materi perangkat keras internet di kelas XI SMA Negeri 1 Toba Kabupaten Sanggau dengan model Examples Non Examples, 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah pada materi perangkat keras internet di kelas XI SMA Negeri 1 Toba Kabupaten Sanggau, 3) Terdapat interaksi model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi perangkat keras internet di kelas XI SMA Negeri 1 Toba Kabupaten Sanggau dengan nilai Model Examples Non Examples.

Abstract

This study aims to determine the comparison of cooperative learning models of the Examples Non-Examples and Picture And Picture types on student learning outcomes on internet hardware material in terms of learning motivation in class XI SMA Negeri 1 Toba, Sanggau Regency. The research method uses the experimental method, a form of factorial design. The sample in this study was class XI IPS 2 and XI IPS 3 which were selected using cluster random sampling technique. The research instrument was a test in the form of multiple choice questions and a questionnaire. The data obtained were analyzed using two-way anava. The results of the anava test show: 1) There are differences in learning outcomes after being treated with cooperative learning models of the Examples Non Examples and Picture and Picture types on internet hardware material in class XI SMA Negeri 1 Toba, Sanggau Regency with the Examples Non Examples models, 2) There are differences learning outcomes of students who have high learning motivation with students who have low learning motivation on internet hardware material in class XI SMA Negeri 1 Toba Sanggau Regency, 3) There is interaction of learning models with learning motivation on student learning outcomes on internet hardware material in class XI SMA Negeri 1 Toba, Sanggau Regency with Model Examples Non Examples.

References

Amalia, A. V., & Bintari, S. H. (2016). Penerapan model picture and picture pada pembelajaran bioteknologi untuk meningkatkan soft skill konservasi pada mahasiswa IPA Unnes. Unnes Science Education Journal, 5(1).

Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan metode pembelajaran example non example untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dasar-dasar pemesinan. Taman vokasi, 6(1), 98106.

Prasetyo, E., Widyawati, S., Masykur, R., & Putra, F. G. (2018). Pengaruh pembelajaran picture and picture (PaP) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan spasial. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 11(1), 50-61.

Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), 4(1), 1-14. Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Septaningsih, S., Yulina, H., & Sudirman, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi, 8(2).

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ulfa, S. M., Sabrun, S., & Agusfianuddin, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematikasiswa Kelas Viia Smpn 3 Sikur Pada Materi Pokok Pecahan Tahun Pelajaran 2016/2017. Media Pendidikan Matematika, 5(1), 100-105.

Wati, N. W. S. A., Wiyasa, I. K., & Asri, I. A. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non-Example Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 262-270.

Widiyanti, L. P. H., Agustini, K., Si, S., Si, M., & Divayana, D. G. H. (2016). Studi komparatif pembelajaran kooperatif tipe scramble dan tipe picture and picture terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VII SMP Negeri 2 Sawan. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (ISSN: 2252-9063), 5(2).

Wirdiarti, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non-Example Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa (Doctoral dissertation, UPT. Perpustakaan).

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Lusia, A., Dulhadi, D., Izmi, I., Nurbeti, N., & Kenedy, Y. (2022). Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dan Picture And Picture terhadap Hasil Belajar Siswa. Juwara: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 2(2), 146–156. https://doi.org/10.58740/juwara.v2i2.55

Issue

Section

Articles