Bimbingan dan Konseling Karir pada Perencanaan Karir Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Nanga Pinoh

Authors

  • Halida Indrasari SMK Negeri 1 Nanga Pinoh
  • Marguin Marguin SMK Negeri 1 Nanga Pinoh
  • Nia Hadianti SMK Negeri 1 Nanga Pinoh

DOI:

https://doi.org/10.58740/juwara.v2i2.54

Keywords:

Konseling Karir, Bimbingan Karir, Perencanaan, Career Counseling, Career Guidance, Planning

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi di lapangan, wawancara dengan informan, dan dokumentasi untuk memperlihatkan realita terkait pelaksanaan layanan konseling karir dalam membantu perencanaan karir siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Nanga Pinoh. Dalam metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu untuk menggambarkan dan menjelaskan mengenai pelaksanaan layanan konseling karir dalam membantu merencanakan karir siswa kelas XII di SMK Negeri  Nanga Pinoh . Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya program materi tentang layanan konseling karir yang dimiliki oleh guru BK SMK Negeri 1 Nanga Pinoh yaitu, layanan informasi tentang pemahaman diri tentang jurusan yang diambil oleh siswa SMK Negeri 1 Nanga Pinoh, Pelaksanaan layanan   konseling karir di SMK Negeri 1 Nanga Pinoh  memakai tiga format yaitu dengan format klasikal, format kelompok, dan format individual. Hambatan yang ditemui di SMK Negeri 1 Nanga Pinoh adalah adanya kesenjangan rasio dan guru lalu keterbatasan sarana untuk pelaksanaan layanan bimbingan karir seperti tempat dan tidak disediakannya jadwal untuk masuk ke kelas XII. Tidak adanya mitra sekolah yang bisa memastikan bahwa ketika tamat sekolah nanti siswa-siswi akan mendapat pekerjaan diperusahaan-perusahaan atau melanjutkan ke Purguruan Tinggi.

Abstract

This research is a qualitative field research. Data collection was carried out through field observations, interviews with informants, and documentation to show the reality related to the implementation of career counseling services in helping career planning for class XII students at SMK Negeri 1 Nanga Pinoh. In the data analysis method using qualitative descriptive, namely to describe and explain the implementation of career counseling services in helping to plan the careers of class XII students at SMK Negeri 1 Nanga Pinoh. The results showed that there was a material program on career counseling services owned by BK 1 Nanga Pinoh teachers, namely, information services about self-understanding about the majors taken by SMK Negeri 1 Nanga Pinoh students, Implementation of career counseling services at SMK Negeri 1 Nanga Pinoh using three formats. namely the classical format, group format, and individual format. The obstacles encountered in SMK Negeri 1 Nanga Pinoh were the gap between the ratios of teachers and the limited facilities for the implementation of career guidance services such as places and the absence of a schedule for entering class XII. There are no school partners who can ensure that when they finish school, students will get jobs in companies or continue to higher education.

References

Azizah, Faricha. 2016. Evaluasi Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling di Sekolah, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Vol. 26 No. 1.

Azwar, Beni. 2010. Konseling Karir, Curup: LP2 STAIN Curup.

Gladding Samuel T. 2012. Konseling Profesi Yang Menyeluruh, Jakarta: Indeks.

Hakim, Ihsan Nul. 2009. Pengantar Metodologi Penelitian, Curup : LP2 STAIN

Ixtiarto,Bambang. 2017. Kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Jurnal Bimbingan Konseling : Universal Negeri Malang, Vol. 1 No.1.

Mulyadi, Muhammad. 2011. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Jurnal Studi Komunikasi dan Media vol.15 No 1.

Ningrum, Ita juwita, 2015. Program Bimbingan Karir Untuk Kematangan Karir Siswa. Jurnal Konseling: Gusjigang.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Suryana. 2010. Metodologi Penelitian, Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Sutarto. 2011. Manajemen Konseling di Sekolah-Sekolah, Curup: LP2 STAIN Curup,2011. Syarnubi Sukarman, Metodologi Penelitian Kuantitatif dan kualitatif, Curup : LP2.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Indrasari, H., Marguin, M., & Hadianti, N. (2022). Bimbingan dan Konseling Karir pada Perencanaan Karir Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Nanga Pinoh. Juwara: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 2(2), 124–135. https://doi.org/10.58740/juwara.v2i2.54

Issue

Section

Articles