Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Vindo Feladi IKIP PGRI PONTIANAK
  • Heribertus Heri IKIP PGRI Pontianak
  • Ilham Tria Jaya IKIP PGRI Pontianak
  • Tomy Noviansyah IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.58740/juwara.v2i2.51

Keywords:

Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas pengunaan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada materi hardware komputer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/I kelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman, dengan penarikan sampel menggunakan Sampling jenuh.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengukuran teknik studi documenter. Hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TAI adalah pre-test 59 dengan standar deviasi 11,05888107 dan post-test 81 dengan standar deviasi 7,153891313. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran konvensional adalah pre-test 59 dengan standar deviasi 7,390969949 dan post-test 74 dengan standar deviasi 6,486059321. Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan penggunaan model pembelajaran koopreatif tipe TAI dibandingkan tanpa menggunakan metode konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi Hardware komputer di kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Nanga Taman dengan signifikansi 0,053<0,05.

Abstract

The purpose of the study was to determine the effectiveness of the use of team assisted individualization (TAI) cooperative learning model on student learning outcomes on computer hardware material. The population in this study were all students of class X SMA Negeri 1 Nanga Taman, with sampling using saturated sampling. The data collection technique in this study uses a measurement technique of documentary study techniques. The results of data analysis obtained that the average student learning outcomes before and after using the TAI type cooperative learning model were pre-test 59 with a standard deviation of 11.05888107 and post-test 81 with a standard deviation of 7.153891313. The average student learning outcomes before and after applying the conventional learning model were pre-test 59 with a standard deviation of 7.390969949 and post-test 74 with a standard deviation of 6.486059321. The results of this study are that there is an increase in the use of the TAI type of cooperative learning model compared to without using conventional methods on student learning outcomes on computer hardware material in class X State Senior High School 1 Nanga Taman with a significance of 0.053 <0.05.

References

Anwar, A., & Santosa, R. H. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Ditinjau Dari Prestasi Belajar Dan Self-Efficacy Matematika Siswa SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 49-57.

Asnawilis, A. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsS Nurulfalah Airmolek. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5882-5892.

Budi, E. S., Arsana, I. M., & MT, S. P. Efektivitas Metode Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik.

Febrianti, F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperaktif Type TAI (Team Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belar Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Luwu. Jurnal Biogenerasi, 7(1), 157-162.

Gracia, A. P., & Anugraheni, I. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 436-446.

Hasibuan, N. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 2(1), 33-41.

Linda, S. C., & Hadiyanto, H. (2019). Kesiapan Dan Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Gugus 01 Baruah Gunuang. Jurnal Basicedu, 3(2), 524-532.

Pratiwi, A. (2022). Efektivitas model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap pembelajaran matematika. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 372-379.

Rahmat, Z., Fattah, N., Waspada, I. P., & Ansharullah, A. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif: Team Assisted Individualization Dan Student Team Achievement Division Terhadap Kognitif Siswa. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 2(2), 62-72.

Wijayanti, I. (2006). Efektivitas Metode Pembelajaran Tai (Team Assisted Individualization) Yang Didukung Diagram V (Ve) Dan Tai Didukung Peta Konsep Pada Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Dengan Memperhatikan Keingintahuan Siswa Kelas X Semester Genap Sma Batik 1 Surakarta.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Feladi, V., Heri, H., Jaya, I. T., & Noviansyah, T. (2022). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Juwara: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 2(2), 80–93. https://doi.org/10.58740/juwara.v2i2.51

Issue

Section

Articles