Menumbuhkan Identitas Nasional dan Keterampilan Kewarganegaraan: Peran Pemuda Pancasila dalam Program Pendidikan Kewarganegaraan

Authors

  • Syarif Firmansyah Universitas PGRI Pontianak
  • Muhamad Firdaus Universitas PGRI Pontianak
  • Ridho Dedy Arief Budiman Universitas PGRI Pontianak
  • Serly Astriyani SMP Harapan Ananda

DOI:

https://doi.org/10.58740/juwara.v4i1.293

Keywords:

identitas nasional, keterampilan kwarganegaraan, pemuda pancasila, national identity, citizenship skills

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini mengkaji peran organisasi Pemuda Pancasila dalam menumbuhkan identitas nasional dan keterampilan kewarganegaraan di kalangan mahasiswa. Masalah utama yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi muda, terutama dalam konteks pendidikan kewarganegaraan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami sejauh mana organisasi Pemuda Pancasila berkontribusi dalam mengembangkan rasa nasionalisme, keterampilan berpikir kritis, serta kolaborasi dan komunikasi di antara mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan tematik. Sampel penelitian terdiri dari 60 mahasiswa UPGRI Pontianak yang merupakan anggota aktif Pemuda Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi dalam Pemuda Pancasila berdampak positif terhadap penguatan identitas nasional dan peningkatan keterampilan kewarganegaraan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa kolaborasi antara organisasi kepemudaan dan institusi pendidikan dapat menjadi strategi efektif dalam memperkuat karakter kebangsaan di kalangan mahasiswa. Dampak positif lainnya adalah terbentuknya mahasiswa yang lebih kritis, komunikatif, dan memiliki pemahaman mendalam terhadap nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menunjukkan bahwa peran organisasi pemuda sangat penting dalam mendukung pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi.

ABSTRACT

This study examines the role of the Pemuda Pancasila organization in fostering national identity and citizenship skills among students. The main issue faced is the lack of understanding and application of Pancasila values among the younger generation, particularly in the context of civic education. The purpose of this study is to understand the extent to which the Pemuda Pancasila organization contributes to developing a sense of nationalism, critical thinking skills, as well as collaboration and communication among students. The research method used is descriptive qualitative with a thematic approach. The sample consists of 60 students from UPGRI Pontianak who are active members of Pemuda Pancasila. The results of the study show that participation in Pemuda Pancasila has a positive impact on strengthening national identity and improving citizenship skills. The implications of this research suggest that collaboration between youth organizations and educational institutions can be an effective strategy in strengthening national character among students. Other positive impacts include the development of students who are more critical, communicative, and have a deeper understanding of Pancasila values. This study highlights the importance of youth organizations in supporting civic education in higher education.

References

Firmansyah, S., & Syahrullah, S. (2018). Peran kepramukaan dalam menumbuhkan moral siswa di SMA Negeri 1 Sungai Kunyit Kabupataen Mempawah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.

Hadi, T. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Identitas Nasional. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 23-34.

Prasetyo, A. (2020). Pengaruh Kegiatan Organisasi Kepemudaan terhadap Keterampilan Kewarganegaraan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Indonesia, 7(2), 45-56.

Putra, M. (2018). Peran Organisasi Kepemudaan dalam Meningkatkan Kesatuan dan Toleransi di Indonesia. Jurnal Studi Sosial dan Politik, 3(3), 102-115.

Rohman, A., & Ningsih, Y. E. (2018, October). Pendidikan multikultural: penguatan identitas nasional di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin (Vol. 1, pp. 44-50).

Santoso, W. (2019). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Partisipasi Politik di Kalangan Pemuda. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(1), 14-29.

Santoso, G., Abdulkarim, A., & Maftuh, B. (2023). Kajian Identitas Nasional melalui Misi Bendera Merah Putih, dan bahasa Indonesia Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 284-296.

Sari, A. N., & Prasetiyo, W. H. (2024). Reposisi Peran Organisasi Masyarakat: Investigasi Kewarganegaraan Yang Baik Pada Pemuda Pancasila (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Shintawati, A., Atmojo, I. R. W., & Ardiansyah, R. (2023). Pengaruh kesadaran metakognisi terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD UNS Surakarta. Didaktika Dwija Indria, 11(3), 1-6.

Soeprapto, S. (2021). Pancasila Sebagai Dasar Identitas Nasional dan Implikasinya dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(4), 56-70.

Sutanto, D. (2020). Kontribusi Organisasi Kepemudaan dalam Menumbuhkan Rasa Nasionalisme di Kalangan Generasi Muda. Jurnal Pemuda dan Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 33-46.

Sutrisno, A. (2018). Pengembangan Pemahaman Nilai Pancasila Melalui Pendekatan Praktis dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan dan Pancasila, 8(3), 91-105.

Widodo, R. (2022). Keterlibatan Pemuda Pancasila dalam Pengembangan Identitas Nasional Mahasiswa. Jurnal Kepemimpinan dan Karakter Pemuda, 6(1), 59-72.

Yuliana, D. (2019). Pengaruh Kolaborasi dalam Organisasi Kepemudaan terhadap Keterampilan Komunikasi. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Sosial, 4(2), 78-90.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Firmansyah, S., Firdaus, M., Budiman, R. D. A., & Astriyani, S. (2024). Menumbuhkan Identitas Nasional dan Keterampilan Kewarganegaraan: Peran Pemuda Pancasila dalam Program Pendidikan Kewarganegaraan. Juwara: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 4(1), 230–239. https://doi.org/10.58740/juwara.v4i1.293

Issue

Section

Articles