Pengaruh Fasilitas Laboratorium dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi Komunikasi Digital

Authors

  • Vindo Feladi IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.58740/juwara.v1i1.12

Keywords:

Fasilitas laboratorium, Lingkungan belajar, Hasil Belajar, Laboratory facilities, learning environment, learning outcomes

Abstract

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk, mengetahui 1) Pengaruh Fasilitas laboratorium terhadap hasil belajar siswa, 2) Pengaruh lingkungan belajar belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi, 3)  Pengaruh Fasilitas laboratorium dan lingkungan belajar belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Amaliyah Sekadau yang berjumlah 248 siswa. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah propotional random sampling sehingga jumlah sampel yang digunakan sebesar 146 siswa. Hasil penelitian ini adalah, 1) Terdapat pengaruh Fasilitas laboratorium terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital., 2) Terdapat pengaruh lingkungan belajar belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital, 3) Terdapat pengaruh Fasilitas laboratorium dan lingkungan belajar belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital.

Abstract

The purpose of this study was to determine 1) The effect of laboratory facilities on student learning outcomes, 2) The influence of the learning environment on student learning outcomes in simulation and communication subjects, 3) The effect of laboratory facilities and learning environments on learning outcomes. students of simulation and digital communication subjects. This study used a quantitative descriptive method with an ex-post facto approach. The population in this study were 248 students of SMK Amaliyah Sekadau. The sampling technique used is proportional random sampling so that the number of samples used is 146 students. The results of this study are, 1) There is an influence of laboratory facilities on student learning outcomes in simulation and digital communication subjects., 2) There is an influence of the learning environment on student learning outcomes in simulation and digital communication subjects, 3) There is an influence of laboratory facilities and the learning environment. learning together on student learning outcomes in simulation and digital communication subjects.

 

References

Dharmayanti, W., Nurcahyo, R. W., & Lestari, I. (2017). Pengaruh kondisi kelas, fasilitas laboratorium, dan fasilitas pendukung pembelajaran terhadap kenyamanan belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(2), 230-242.

Farid, M. M. (2017). Pengaruh motivasi belajar, gaya belajar, dan lingkungan belajar pada hasil belajar ekonomi di SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 142-156.

Feladi, V. (2020). Profil Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA dan SMK Pontianak Timur. Proceedings of the 1st ICOLED – IKIP-PGRI Pontianak.

Girsang, R. M., & Saragih, L. (2019). Analisa Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Laboratorium Komputer Universitas Simalungun. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 2(1), 136-144.

Hidayat, M. (2017). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas IX IPS di MAN Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 3(1), 103-114.

Marlianto, F., & Feladi, V. (2017). PENERAPAN TEKNOLOGI KOMPUTER DI KALANGAN GURU SMP NEGERI DAN SMP SWASTA DI KECAMATAN PONTIANAK KOTA. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(2), 223-236.

Noviati, R., Misdar, M., & Adib, H. S. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 1-20.

PUTRI RAHMAWATI, D. W. I., & Listiadi, A. (2019). Pengaruh fasilitas laboratorium komputer akuntansi, keahlian pemakaian komputer dan keefektifan proses pembelajaran pengantar akuntansi terhadap hasil belajar komputer akuntansi (myob) siswa kelas xi program akuntansi dan keuangan di smk negeri 1 bangkalan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(1).

Sartika, R. D. A. (2020). Pengaruh kemampuan akuntansi perusahaan dagang, bahasa inggris, dan fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar komputer akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 45-61.

Downloads

Published

2021-05-25

How to Cite

Feladi, V. (2021). Pengaruh Fasilitas Laboratorium dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi Komunikasi Digital. Juwara: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(1), 69–81. https://doi.org/10.58740/juwara.v1i1.12

Issue

Section

Articles