Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Materi Manajemen File
DOI:
https://doi.org/10.58740/juwara.v1i1.11Keywords:
pembelajaran kooperatif, hasil belajar, cooperative learning, team assisted individualization, learning outcomesAbstract
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui proses pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Manajemen file Siswa Kelas X SMA Negeri 1 MHU Kabupaten Ketapang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Eksperimen dengan bentuk penelitian pre-exprimental design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan oleh peneliti adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 MHU Kabupaten Ketapang yang terdiri dari 3 kelas. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel adalah purposive sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda. Data hasil pretest dan posttest kelas eksperimen diperoleh informasi bahwa jumlah hasil output pengolahan data soal pretest dan posstes didapat nilai pretest mean sebesar 39,52, dan nilai post-test mean sebesar 79,19. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model Team Assisted Individualization (TAI) pada materi manajemen file siswa kelas X SMA Negeri 1 MHU Kabupaten Ketapang.
Abstract
The purpose of this study was to determine the cooperative learning process type Team Assisted Individualization Against Student Learning Outcomes File Management Materials Class X Students of SMA Negeri 1 MHU Ketapang Regency. The research method used was the experimental method with a pre-experimental research design with a One Group Pretest-Posttest Design. The population used by the researcher was all students of class X SMA Negeri 1 MHU Ketapang Regency which consisted of 3 classes. The technique used in determining the sample is purposive sampling. The data collection tool used was a multiple choice test of learning outcomes. The data from the pretest and posttest results of the experimental class obtained information that the number of results from the data processing of the pretest and posttest questions obtained the pretest mean value of 39.52, and the mean post-test value of 79.19. So it can be concluded that there are differences in student learning outcomes after the implementation of the Team Assisted Individualization (TAI) model on the file management material for class X students of SMA Negeri 1 MHU, Ketapang Regency.
References
Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa mts iskandar muda batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2).
Feladi, V. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(1), 126-131.
Helma, H., & Edizon, E. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa untuk penerapan bahan ajar kontekstual mengintegrasikan pengetahuan terkait dan realistik Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(1), 86-92.
Panjaitan, J., Simangunsong, I. T., Damanik, D. P., & Hulu, A. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS. Jurnal Darma Agung, 28(1), 52-63.
Prayogi, H. S., Harijanto, A., & Mahardika, I. K. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 1 SUMBERSUKO. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 3(1), 34-39.
Waritsman, A., & Wutsqa, D. U. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dengan Pendekatan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(2), 183-196.
Yuliantoro, H. R., & Arifin, Z. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Komputerisasi Akuntansi. Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis, 13(2), 21-29.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ferry Marlianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license used.