Problem-Based Learning Model: Its Influence on Learning Straight Line Equations

Authors

  • Asti Asti Universitas Negeri Manado
  • James Uriel Livingstone Mangobi Universitas Negeri Manado
  • Vivivan Eleonara Regar Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.58740/juwara.v4i1.102

Keywords:

problem based learning, persamaan garis lurus, hasil belajar, straight line equations, learning outcomes

Abstract

ABSTRAK

Inovasi dalam pembelajaran matematika telah dilakukan oleh banyak peneliti dan pengajar matematika. Akan tetapi, masih terdapat banyak kendala yang dihadapi oleh guru bahkan siswa itu sendiri, terutama terkait hasil belajar pada materi persamaan garis lurus. Studi ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model problem-based learning dan model direct instruction pada materi persamaan garis lurus. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain posttest only-control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB dan siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Tondano. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk uraian untuk menilai hasil belajar siswa pada materi persamaan garis lurus. Hasil perhitungan statistic menunjukkan bahwa diperoleh thitung = 3,808 dan ttabel = 1,682 untuk db = 42 dan a = 0.05. Sehingga thitung > ttabel dengan demikian berdasarkan kriteria pengujian, jika thitung > ttabel maka tolak H0, artinya rata-rata hasil belajar siswa pada materi PGL yang diajar menggunakan model PBL lebih dari rata-rata hasil belajar PGL siswa yang diajar menggunakan model DI.Oleh karena itu, model PBL dapat dijadikan rujukan utama bagi guru dalam mengembangkan pembelajaran matematika khususnya pada materi PGL.

ABSTRACT

Many mathematics researchers and teachers have carried out innovations in mathematics learning. However, there are still many obstacles faced by teachers and even students themselves, especially regarding learning outcomes in straight-line equations. This study aims to determine the differences in student learning outcomes taught using the problem-based learning model and the direct instruction model on straight-line equation material. The method used is a quantitative method with a posttest-only-control group design. The research subjects were class VIIIB students and class VIIIC students at SMP Negeri 3 Tondano. The instrument used is a test in a description to assess student learning outcomes in straight-line equation material. The results of statistical calculations show that t_count=3.808 and t_table=1.682 for db=42 and ?=0.05. So that t_count>t_tabel is thus based on the testing criteria, if t_count>t_tabel, then reject H_0, meaning that the average student learning outcomes in PGL material taught using the PBL model are more than the average PGL learning outcomes for students taught using the IN models. Therefore, the PBL model can be used as the primary reference for teachers in developing mathematics learning, especially in PGL material.

References

As'ari, A. R. (2017). Matematika Kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Domu, I., & Mangelep, N. O. (2024). Optimizing Elementary Teachers'ability in Designing Realistic and Ict-Based Mathematics Learning. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3900-3906

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika .

Fathurrahman, M. (2015). Model Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Kuswadi, F., Pesik, A., & Pitoy, C. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Matematika Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Sains Riset, 599-603.

Lakumani, N. A., Mangobi, J. U., & Regar, V. E. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Limit Fungsi Aljabar. Jurnal Sains, Matematika, & Edukasi (JSME) FMIPA Unima.

Mandey, S. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar Dirumah Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas Tinggi di SD Impres Tara-Tara 2. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 311.

Mangelep, N. O. (2015). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Dengan Strategi Finding a Pattern. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika-VI, (KNPM6, Prosiding), 104-112.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika pada pokok bahasan lingkaran menggunakan pendekatan PMRI dan aplikasi geogebra. Mosharafa, 6(2), 193-200.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.

Mangelep, N., Sulistyaningsih, M., & Sambuaga, T. (2020). Perancangan Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(2), 127-132.

Mangelep, N. O., Tarusu, D. T., Ester, K., & Ngadiorejo, H. (2023). Local Instructional Theory: Social Arithmetic Learning Using the Context of The Monopoly Game. Journal of Education Research, 4(4), 1666-1677.

Mangelep, N. O., Tarusu, D. T., Ngadiorejo, H., Jafar, G. F., & Mandolang, E. (2023). Optimization Of Visual-Spatial Abilities for Primary School Teachers Through Indonesian Realistic Mathematics Education Workshop. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7289-7297.

Mangelep, N. O., Tiwow, D. N., Sulistyaningsih, M., Manurung, O., & Pinontoan, K. F. (2023). The Relationship Between Concept Understanding Ability and Problem-Solving Ability with Learning Outcomes In Algebraic Form. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4322-4333.

Mangelep, N. O., Mahniar, A., Nurwijayanti, K., Yullah, A. S., & Lahunduitan, L. O. (2024). Pendekatan Analisis Terhadap Kesulitan Siswa dalam Menghadapi Soal Matematika dengan Pemahaman Koneksi Materi Trigonometri. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4358-4366.

Mega Purnamasari, d. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang Materi Luas dan Volume Balok dan Kubus Menggunakan Metode Drill Sekolah SMP Islam Al-Ghazali Kelas VIII. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.

Mokoginta, G., Mangobi, J. U., & Sulistyaningsih, M. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dan Model Direct Instruction (DI) Pada Materi SPLDV. Jurnal Sains Riset, 217-221.

Mulyani, Y. (2021). Metode Problem Based Learning Pada Pembelajaran Ekonomi Materi Ketenagakerjaan. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series.

Munir, M., & Sholehah, H. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi Pada Kemampuan Kerjasama Siswa Pada Materi Geometri. Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar.

Rusman. (2016). Model-Model Pembalajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovasi dalam kurikulum 2013. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Sopiah, A. O. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Sebagai Sarana Mengembangkan Pembelajaran Matematika SD. Seminar Nasional Pendidikan, 737.

Suyono, & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syaiful, & Aswan. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Ulfah, & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 1-9.

Umam, K., Suryawati, & Septiana, E. (2017). Identifikasi Siswa dalam Memahami Persamaan Garis Lurus Di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Serambi Akademica.

Wuwumbene, M. E., Mangobi, J. U., & Monoarfa, J. F. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 149-152.

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Asti, A., Mangobi, J. U. L., & Regar, V. E. (2024). Problem-Based Learning Model: Its Influence on Learning Straight Line Equations. Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara, 4(1), 170–180. https://doi.org/10.58740/juwara.v4i1.102

Issue

Section

Articles