Upaya Meningkatkan Minat dan Keterampilan Membaca Permulaan Berbantuan Media Puzzle Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 1 Sekolah Dasar

Authors

  • Turangga Sopyan Universitas Sebelas April

DOI:

https://doi.org/10.58740/denis.v2i01.260

Keywords:

metode puzzle, keterampilan membaca permulaan, minat membaca

Abstract

Minat dan keterampilan membaca permulaan merupakan dua elemen penting yang mendukung keberhasilan akademik peserta didik tingkat Sekolah Dasar, terutama dalam konteks membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menginvestigasi penerapan media puzzle sebagai upaya meningkatkan dua elemen tersebut. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan media puzzle, respons siwa terkait media tersebut, serta hasil dari penerapan media tersebut dalam meningkatkan minat dan keterampilan membaca mereka. Alasan utama pelaksanaan penelitian ini karena minat dan keterampilan siswa lokasi penelitian yang rendah serta didukung oleh urgensi minat dan keterampilan membaca permulaan itu sendiri di konteks mata pelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang sejalan dengan tujuan penelitian yang telah dideskripsikan sebelumnya.

Berdasarkan hasil analisis data, terdapat peningkatan minat membaca siswa tiap siklusnya. Hasil observasi minat membaca siswa pada kondisi awal termasuk ke dalam kategori kurang dengan persentase siswa yang mencapai sebesar 59%. Pada siklus I meningkat menjadi 63,6% dengan kategori cukup, siklus II meningkat menjadi 90,9% dengan kategori baik. Demikian juga untuk keterampilan membaca permulaan siswa. Pada kondisi awal, jumlah siswa yang tuntas hanya 10 orang dengan persentase 45,4%. Pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 12 orang dengan persentase 54,5%. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus II meningkat lagi menjadi 18 orang dengan persentase 81,8%. Terdapat 4 orang yang tidak mengalami peningkatan signifikan di karenakan masalah internal keluarga siswa tersebut. Simpulan utama penelitian ini berfokus pada potensi penggunaan media Puzzle dalam meningkatkan minat dan keterampilan membaca permulaan siswa.

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Anugrahini, R., & Rachmadyanti, P.(2018) Pengembangan Media Peta Puzzle Pada Materi IPS Tentang Membaca Peta Lingkungan Setempat di SDN Japanan 1 Jombang. ejournal.unesa.ac.id. Vol 6, (12), 2296-2305.

Hopkins, David. (2011). Panduan Guru : Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi berbahasa Indonesia usia prasekolah ancangan metode dia tampan dalam membaca permulaan. Jumal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 4, (1), 446-453.

Nurhadi. 2018. Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-07-20

How to Cite

Sopyan, T. (2025). Upaya Meningkatkan Minat dan Keterampilan Membaca Permulaan Berbantuan Media Puzzle Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 1 Sekolah Dasar . Journal of Dynamics Elementary School, 2(01), 39–48. https://doi.org/10.58740/denis.v2i01.260