UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE
DOI:
https://doi.org/10.58740/denis.v2i01.256Keywords:
Picture and Picture learning model, Student motivation, , Short stories.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan siswa kelas 5 SD Negeri Bangkir Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang dalam menulis cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar menulis cerita pendek yang disebabkan oleh penggunaan metode ceramah yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Berdasarkan analisis data, terdapat peningkatan motivasi siswa dalam menulis cerita pendek pada setiap siklusnya. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam menulis cerita pendek masih rendah, yaitu hanya 34,79% siswa yang memenuhi target ketuntasan minimal. Pada siklus I persentase tersebut meningkat menjadi 43,47% dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 82,60% dengan kategori baik. Temuan tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model Picture and Picture sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis cerita pendek dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V di SD Negeri Bangkir, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, telah berhasil.
References
Achmad Rifa’i, Chatarinna Tri Anni (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang : Unnes Press.
Akhadiah, dkk. (1988). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Anderson, M. (1997). Text Types in English 3. South Yarra: MacMillan. Education Australia.
Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Berbasis Perkembangan Intelektual Dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII”. Bandung : Jurnal Pendidikan. Vol 4, No 6 (2).
Delia, Putri (2017). “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek
Dengan Menggunakan Teknik Copy The Master Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania”. Riau : Jurnal Pendidikan Rokania Vol II No 1.
Depdiknas. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hayati, Amalia. (2013). “Pengaruh Metode Copy The Master Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Oleh Siswa Kelas X SMA Nusantara Lubukpakam T.P 2012/2013”. Tersedia : Online [https//media.neliti.com/53597-ID-none.pdf] 28 Januari 23:42.
Hopkins, David. (2011). Panduan Guru : Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka.
Indonesia: Teori dan Aplikasi Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta. Rajawali Pres.
Kurnianingtyas, Endah. 2015 ”Penerapan Teknik Picture and Picture Untuk
M.A, Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok : PT. RajaGrafindo Persada.
Marahimin, Ismail. (2009). Menulis Secara Populer. Jakarta : Pustaka Jaya.
Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII-B
MTS.Darun Najah Petahunan Lumajang”. Lumajang : Jurnal Pendidikan Vol 2, No 8.
Nurgiyantoro, B. (1987). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE
Nurgiyantoro, Burhan. (1995) Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University.
Nursayyidah, Shintia Rizki (2015). “Penerapan Teknik Picture and picture
Nurudin. (2011). Pengantar Komunikasi Massa . Jakarta : Raja Grafindo. Persada
Patombongi, A. Wardihan dkk. (2008). Telaah Kurikulum Bahasa . Indonesia. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Rahmaniah. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Teknik Story Telling Dan Model Pembelajaran Time Token Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN Sumbersekar 1 Malang. Skripsi pada Universitas Muhammadiyah : tidak diterbitkan.
Remaja Rosdikarya
Saddhono, K., Slamet. (2014). Pembelajaran Keterampilan Bahasa
Santrock. (2003). Perkembangan Remaja. Jakarta : Erlangga
Semi, M.A. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung :
Sudjana. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjiono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Suriamiharja. (1997). Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Suryabrata. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Syaodih. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Rosdakarya.
Uno, Hamzah B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Widyartono. (2012). Asas Menulis dan Ciri Tulisan yang Baik. [Online] tersedia : http://didin.lecture.ub.ac.id/category/keterampilan-menulis [27 Mei 2024]
Zulela. (2012). Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra Di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Dynamics Elementary School

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.