UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PUZZLE PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI NORMA DALAM ADAT ISTIADAT DAERAHKU
DOI:
https://doi.org/10.58740/denis.v1i02.253Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa di SD Padamulya Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang tahun ajaran 2023/2024. Hal ini dikarenakan pembelajaran hanya berpusat pada guru dan tidak menggunakan media pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mempunyai solusi agar permasalahan tersebut dapat diatasi yaitu dengan menggunakan media puzzle.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media puzzle pada materi norma adat istiadat daerah saya pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Padamulya yang berjumlah 30 orang.
Berdasarkan data pengamatan yang diperoleh setelah melaksanakan penelitian, besarnya peningkatan motivasi pembelajaran dari data awal hingga siklus saya meningkat dari 49% menjadi 63%, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat dari 63% menjadi 88%. Selain itu, dapat dilihat bahwa dengan penggunaan media puzzle ada peningkatan hasil belajar siswa. Besarnya peningkatan kelengkapan pembelajaran dari persentase dalam data awal kelengkapan mencapai 23% dengan nilai rata-rata 60, pada siklus pertama, meningkat menjadi 60% dengan nilai rata-rata 69 dan pada siklus kedua itu meningkat lagi ke 93% dengan nilai rata-rata 86. Bisa jadi menyimpulkan bahwa media puzzle telah terbukti berhasil dalam meningkatkan motivasi siswa dan hasil belajar dalam mata pelajaran sains dan sains, materi pada norma-norma di pabean lokal saya di kelas IV di SDN Padamulya, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Sumedang, tahun akademik 202/2024.
References
Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arpan, M., & Budiman, R. D. A. (2018). Media pembelajaran Pengenalan Hardware Jaringan Komputer berbasis augmented reality. Pontianak: Penerbit Program Studi Pendidikan Fisika.
Dasrianti, H., Hendri, M., dan Zariul, A. (2015). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 105 Pekanbaru. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, Pekanbaru. Vol. 6, (2), 1–8.
Fuad, Ihsan. 2005. Dasar-dasar Pendidikan.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Mufidah, L., Effendi, D., & Purwanti, T. T. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. Vol. 1(1), 117-125.
Nevyanti, R. U., Hodidjah, H., & Respati, R. (2018). Media puzzle suku kata dalam pembelajaran membaca menulis permulaan (MMP) di kelas I Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 4, (2), 189-198.
Nurpratiwi, dkk. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa melalui Metoode Pictutre and Picture dengan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bantarkawung. Jurnal Geoedukasi. 4(2).
Prasetyo, C. D., Suja’i, I. S., & Asrori, M. A. R. (2021). Pengaruh Gaya Belajar, Minat Belajar, dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SDN 1 Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 5, (3), 5744-5752.
Rahmaneli. 2007. Effektifitas pemberian tugas media puzzle dalam pembelajaran geografi regional. Jurnal pelangi pendidikan. Vol. (1) 23-30.
Rohkmat, J. (2006). Pengembangan Taman Edukatif Berbasis Permainan Untuk Permainan di TKdan SD. Jurnal Dinamika Pendidikan. Vol 2 (1), 45-52.
Rohmah. (2012) Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Rumakhit, N. 2017. Pengembangan Media Puzzle untuk Pembelajaran Materi Mengidentifikasi Beberapa Jenis Simbiosis dan Rantai Makanan Kelas IV Sekolah Dasar Tahun 2016/2017. Simkipedagogia, 1(2), 1-9.
Sapriya dkk. (2019). Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press.
Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Surya, Mohammad. 2003. Teori Teori Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Uno, H. B. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wiriaatmaja, R. (2019). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Rosadakarya.
Yudha (2007) Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Puzzle Styrofoammodifikasi Di Taman Kanak-Kanak Islam Yannira Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 3, (6) 33.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal of Dynamics Elementary School

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.