PENINGKATAN LITERASI STEM MELALUI PELATIHAN PEMANFAATAN CANDI MUARO JAMBI SEBAGAI SUMBER BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i4.650Keywords:
Literasi, STEM, Candi Muaro Jambi, Edukasi MasyarakatAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan literasi STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) di SMAN 2 Tanjung Jabung Barat melalui pelatihan pemanfaatan situs sejarah Candi Muaro Jambi sebagai sumber belajar kontekstual. Literasi STEM dipandang penting dalam menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21, khususnya untuk membangun kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan pemecahan masalah. Teknik pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui beberapa tahapan, meliputi pembukaan, penyampaian materi inti oleh tim pengabdian, diskusi interaktif lintas mata pelajaran, serta workshop perancangan pembelajaran berbasis STEM bagi guru. Kegiatan dilaksanakan di SMAN 2 Tanjung Jabung Barat pada tanggal 14 Agustus 2025 dengan melibatkan 35 guru dari berbagai bidang studi, baik eksakta maupun sosial humaniora. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman guru terhadap konsep literasi STEM dan kemampuan mereka dalam mengintegrasikan potensi lokal sebagai media pembelajaran. Guru memberikan respon positif terhadap model pembelajaran kontekstual berbasis Candi Muaro Jambi dan berhasil menghasilkan rancangan ajar yang mengaitkan aspek sains, teknologi, rekayasa, dan matematika dengan nilai-nilai budaya lokal. Implikasi kegiatan ini terlihat dari tumbuhnya kesadaran guru akan pentingnya pembelajaran lintas disiplin dan berbasis kearifan lokal. Penerapan hasil pelatihan di kelas diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan memperkuat keterampilan abad ke-21 siswa melalui pengalaman belajar yang relevan dengan konteks lingkungan dan budaya mereka.
References
L. Mukaromah, A. Mustadi, and A. Nisa, "Study of STEM Based on Local Wisdom in Hoening Science Process Skills in the 21st Century Era," Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, vol. 8, no. 3, pp. 1171–1175, 2022. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i3.1445.
B. Yolida, R. R. T. Marpaung, M. A. Priadi, D. Maulina, I. A. Cahyani, and N. H. Ibrahim, "Local Wisdom Napai-Based STEM Learning (LW-STEM) Improves Creative Thinking (CT) and Communication Skills in Students," Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, vol. 16, no. 1, 2025. https://doi.org/10.24042/biosfer.v16i1.26784.
N. I. N. Muttaqi, P. H. Pratiwi, and A. M. Fathurrahman, "Penyuluhan dan konsultasi hukum tentang Undang-Undang ITE bagi guru SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta," Masyarakat: Jurnal Pengabdian, vol. 2, no. 4, 2025. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i4.611.
Y. Wahyu, A. Leonangung, and R. S. M. Taklal, "Integrating Local Culture and Ethnoscience in Manggarai-Based STEM Education to Enhance Science Literacy and Scientific Attitudes in the 21st Century," Jurnal Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, 2024.
Tihasanah et al., "Science Learning Innovation Through STEM-Based LKPD to Improve Science Literacy in the Industrial Revolution 4.0 Era," Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (JPSI), 2025.
S. Sriyati, F. Septiani, K. S. Harlistya, and A. Amprasto, "Local wisdom-based teaching materials to improve student problem-solving," Bioedukatika, vol. 9, no. 2, 2023. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v9i2.17951.
D. A. Setianingrum and J. Jumadi, "STEAM Study on Local Wisdom of Batik Tulis Yogyakarta to Develop Science Teaching Materials," Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, vol. 9, no. 9, pp. 7390–7400, 2023. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i9.5133.
I. R. Anugrah and K. Kartimi, "Local Wisdom-based Contextual Learning as Embedded-STEM approach in High School Chemistry," IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Padhil Hudaya, Akhyaruddin, Deri Rachmad Pratama, Rahmawati, Nurfadilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.













