PENGUATAN MODERASI BERAGAMA BAGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i4.608Keywords:
Moderasi Beragama, Guru PAI, Pendidikan KarakterAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman, kesadaran, dan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama di lingkungan sekolah. Program pelatihan dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2025 di Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan peserta guru-guru PAI dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-DIY. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan pelatihan partisipatif, melalui strategi interaktif berupa diskusi kelompok, studi kasus, dan simulasi pembelajaran. Pendekatan ini dirancang untuk mendorong partisipasi aktif peserta serta memperkuat kemampuan aplikatif mereka dalam merancang pembelajaran berbasis nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru terkait konsep moderasi beragama serta penerapannya dalam konteks pendidikan. Para peserta mampu mengintegrasikan nilai toleransi, keadilan, dan kebersamaan dalam rancangan pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa dan lingkungan sekolah. Selain itu, pelatihan ini memperkuat sinergi antara perguruan tinggi dan sekolah dalam membangun budaya pendidikan yang inklusif, damai, dan berkeadaban. Secara keseluruhan, kegiatan ini berkontribusi terhadap penguatan profesionalisme guru, peningkatan mutu pembelajaran PAI, serta pengembangan karakter peserta didik yang moderat dan toleran. Kegiatan ini direkomendasikan untuk dilaksanakan secara berkelanjutan guna memperkuat ekosistem pendidikan yang harmonis dan berorientasi pada nilai-nilai Pancasila.
References
Sudarmin, S., & Amaluddin, A. (2025). Penguatan Moderasi Beragama melalui Pendidikan Agama Islam. Journal of Humanities, Social Sciences, and Education, 1(4), 84-95. https://doi.org/10.64690/jhuse.v1i4.198
Mustofa, Z. (2025). STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS SOSIOKULTURAL DALAM PENGUATAN MODERASI BERAGAMA DI SMA NEGERI 2 CILACAP (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang). https://repository.unissula.ac.id/39584/
Suyanto, B. (2021, January). Benih Intoleransi di Sekolah [Seeds of Intolerance in Schools]. Detik News. https://news.detik.com/kolom/d-5347202/benih-intoleransi-di sekolah
Sani, A. F. I. (2022). Kasus Intoleran di SMAN 52 Jakarta, Dinas: Satu Guru jadi Inisiator [Intolerant Case at SMAN 52 Jakarta, Dinas: One Teacher Becomes the Initiator.]. Tempo. https://metro.tempo.co/read/1647996/kasus-intoleran-di-sman-52-jakarta-dinas satu-guru-jadi-inisiator
Hasani, H. (2023). Laporan Survei Toleransi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) [High School Student Tolerance Survey Report (SMA)]. Setara Institute. https://setara institute.org/laporan-survei-toleransi-siswa-sekolah-menengah-atas-sma/
Nasrul, N. (2025). Penguatan Pemahaman Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMA Karuna Dipa Palu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu). https://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/4121/
Wiratama, J. (2025). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Sanden (Perspektif Moderasi Beragama) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia). https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/57740
Suryana, A. (2025). Studi Kasus Warga Multikultural Yogyakarta Di Era Digital Dan Peran Pendidikan Agama Islam. JDP (JURNAL DINAMIKA PENDIDIKAN), 11(4), 126-134. https://journal.nuspublications.or.id/jdp/article/view/139
Arthamevia, Z. A. (2025). Penguatan moderasi beragama di lingkungan desa Kebagusan Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang (studi komparatif: upaya pimpinan ranting muhammadiyah dan pimpinan ranting nu) (Doctoral dissertation, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan). http://etheses.uingusdur.ac.id/14003/
Aziz, A. M. (2024). Strategi Guru PAI dalam Penguatan Moderasi Beragama di SMKS 17 Budi Mulya Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu). http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/3736/
Tantra, M. W. (2024). Penguatan Moderasi Beragama Di Indonesia. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 325-337. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i3.2501
Adistiana, O. (2024). PERAN GURU AGAMA DALAM PENGUATAN MODERASI BERAGAMA DI LEMBAGA PENDIDIKAN KOTA MANADO (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66700/
Rohana, S., & Suharman, S. (2023). Pemahaman Moderasi Beragama bagi Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah. TA'DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 151-161. http://dx.doi.org/10.30659/jpai.6.2.151-161
Fakhruddin, A. (2014). Urgensi pendidikan nilai untuk memecahkan problematika nilai dalam konteks pendidikan persekolahan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 12(1), 79–96.
Tasri, T., Kurniawan, H. R., & Naser, M. N. (2024). Relasi kuasa pemerintah dan guru PAI dalam mencegah paham radikalisme di Sekolah Menengah Kejuruan. Al Imarah: Jurnal Pemerintahan Dan Politik Islam, 8(1), 97-106. http://dx.doi.org/10.29300/imr.v8i1.3422
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Marzuki, Fungki Febiantoni, Sulthon Abdul Aziz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.













