PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MELALUI PENDIDIKAN PROGRESIF BAGI SANTRI
DOI:
https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i4.596Keywords:
Akidah Akhlak, Edukasi Santri, Pendidikan ProgresifAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk merespon sistem pendidikan yang diterapkan kepada santri dengan masalah kurangnya melakukan penguasaan materi dan praktik pengetahuan akidah akhlak dengan baik, alih-alih santri dikeluhkan kurang responsif dan hanya menekankan pembelajaran model hafalan saja. Metode yang digunakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri observasi lapangan (wawancara, dialog partisipatif, dan survey lokasi), pelaksanaan, dan monitoring serta evaluasi. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di TPQ Sayyidah Fathimah Kediri pada tanggal 30 Agustus 2025 – 6 September 2025. Hasil pelaksanaan menunjukkan santri TPQ Sayyidah Fathimah Kediri cukup adaptif dengan pembelajaran model pendidikan progresif, sehingga kegiatan ini lebih mengarah kepada implikasi internal. Dari segi teknis, yang berkaitan produk fisik, pendidikan progresif mengharuskan menciptakan fasilitator dengan menyediakan alat tulis menulis dan ruang pengembangan diri berupa soal ujian untuk melihat kualitas pengetahuan yang diajarkan kepada TPQ Sayyidah Fathimah Kediri. Dari segi capaian materi pengetahuan, representasi tingkat sikap responsif santri TPQ Sayyidah Fathimah Kediri sangat baik sekali dengan adaptasi mereka terhadap pembelajaran model pendidikan progresif. Hal ini dibuktikan dengan prosentase angka nilai ujian akidah akhlak banyak di atas rata-rata, yang mencakup materi teori pemahaman dan ketajaman aktualisasi dari sikap aplikatif sehari-hari.
References
D. A. Nafiati, “Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Efektif, dan Psikomotorik,” Humanika Kaji. Ilm. Mata Kuliah Umum, vol. 21, no. 2, p. 156, 2021. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252. 151-172
M. A. Marta, dkk, “Konsep Taksonomi Bloom dalam Desain Pembelajaran,” Lencana J. Inov. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 1, p. 231, 2025. https://doi.org/10.55606/lencana.v3i1.4572
M. Z. N. Falah, dkk, “Pendidikan Progresif John Dewey: Relevansinya dengan Pendidikan Islam di Indonesia,” el-Hekam J. Stud. Keislam., vol. 7, no. 1, p. 31, 2022. http://dx.doi.org/10.31958/jeh.v7i1.5782
R. Ibrahim, “Filsafat Progresivisme Perkembangan Peserta Didik,” al-Riwayah J. Kependidikan, vol. 10, no. 1, pp. 159–160, 2018. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v10i1.147
I. S. Utami, dkk, “Menyiapkan Generasi Emas Melalui Pendidikan Politik Progresif,” J. Pengabdi. Sos., vol. 2, no. 3, pp. 3392–3397, 2025. https://doi.org/10.59837/hzt2f640
H. J. Prayitno, dkk, “Pendidikan Progresif-Moderatif untuk Meningkatkan Soft Skills Siswa MIM SUKA-AKA sebagai Inovator Perubahan Pendidikan,” Berdikari J. Inov. dan Penerapan IPTEKS, vol. 11, no. 2, pp. 70–83, 2024. https://doi.org/10.18196/berdikari.v12i2.23954
T. F. Solikhin, “Implementasi Kepemimpinan Pendidikan Prigresif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran: Teori dan Praktik,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 6, no. 4, pp. 1758–1764, 2023. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Armizi, “Pembelajaran Integratif dan Hasil Belajar,” al-Aulia J. Pendidik. dan Ilmu-ilmu Keislam., vol. 6, no. 2, p. 114, 2020. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/al-aulia/article/view/280
A. V. Amanda, dkk, “Integratif Diferensiasi Penerapan Membaca,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 1, pp. 55–56, 2022. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3334
L. T. Sutrisno, dkk, “Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai sebuah Pendekatan untuk Kemerdekaan,” DWIJA CENDEKIA J. Ris. Pedagog., vol. 7, no. 2, p. 757, 2023. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.76475
Sunhaji, “Model Pembelajaran Integratif Pendidikan Agama Islam dengan Sains,” Insa. J. Pemikir. Altern. Kependidikan, vol. 9, no. 2, pp. 345–346, 2014. https://doi.org/10.24090/insania.v19i2.719
E. H. Bait, “Kurikulum Merdeka dan Dinamika Tujuan Pendidikan: Integrasi Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP),” Kalam Cendekia J. Ilm. Kependidikan, vol. 13, no. 1, p. 618, 2025. https://doi.org/10.20961/jkc.v13i1.97505
S. Oktariani, dkk, “Analisis terhadap Capaian Hasil Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Akhlak Siswa Sehari-hari (Studi Kasus Siswa Kelas VIII MTsN 12 Tanah Datar),” As-Sabiqun J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 4, no. 4, p. 901, 2022. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i4.2106
S. Hidayat, dkk, “Analisis Materi Pembelajaran Aqidah dalam Penguatan Aidah Anak pada Usia SD,” Al-Urwatul Kaji. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 2, p. 114, 2022. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/8187
M. Jannah, “Peran Pembelajaran Aqidah Akhlak untuk Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Siswa,” Al-Madrasah J. Ilm. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 4, no. 2, p. 243, 2020. http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i2.326
V. Agustiana, dkk, “Fun English Day dalam Meningkatkan Animo Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Pelajar Pemula,” Masy. J. Pengabdi., vol. 2, no. 3, p. 304, 2025. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i3.487
A. Rasiyani, dkk, “Pengenalan Bahasa Arab melalui Media Interaktif untuk Siswa TK PAS Assakinah Mantingan,” Masy. J. Pengabdi., vol. 2, no. 3, p. 394, 2025. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i3.522
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Henri Shalahuddin, Muhammad Fajar Pramono, Rahmat Ardi Nur Rifa Da'i, Muhammad Zulfikar Nur Falah, Rosidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.













