PEMBERDAYAAN SELF AWARENESS UNTUK KARAKTER BELAJAR SISWA SMK DI DESA SUKAMURNI

Authors

  • Zahra Angelia Maulana Universitas Islam 45 Bekasi
  • Fajar Prihesnanto Universitas Islam 45 Bekasi
  • Setyo Supratno Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i4.586

Keywords:

Kesadaran Diri, Siswa SMK, Refleksi Diri, Disiplin Belajar

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran diri (self-awareness) siswa SMK sebagai dasar pembentukan karakter belajar yang disiplin dan bertanggung jawab. Kegiatan dilaksanakan di SMK Mekar Murni, Desa Sukamurni, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Bekasi, dengan sasaran 25 siswa yang menunjukkan perilaku kurang disiplin dan motivasi belajar rendah. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan campuran (mixed methods) melalui penyampaian materi psikoedukatif, diskusi partisipatif, dan praktik wall of reflection. Evaluasi dilakukan menggunakan Self-Awareness Scale yang terdiri atas 27 pernyataan skala Likert dan diberikan sebelum serta sesudah intervensi (pre-test dan post-test). Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada skor rata-rata dari 42,88 (SD = 14,20) menjadi 75,20 (SD = 5,69). Proporsi kategori rendah turun dari 36% menjadi 16%, sedangkan kategori sedang meningkat dari 52% menjadi 68%, dan kategori tinggi naik dari 12% menjadi 16%. Hasil ini menunjukkan bahwa pemberdayaan berbasis refleksi diri efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap emosi, perilaku, dan tanggung jawab akademik. Implikasinya, kegiatan ini dapat diterapkan secara berkelanjutan oleh sekolah melalui layanan bimbingan konseling dan program penguatan karakter untuk membentuk budaya belajar yang positif di lingkungan pendidikan.

References

D. M. Romero Ayuso et al., “A Pilot Study of Improving Self-Regulation and Social Interaction With Peers: An ‘Exciting School,’” Children, 2022. https://doi.org/10.3390/children9060829

M. Muthmainah, “Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Taman Kanak-Kanak Selama Masa Pandemi,” Kumara Cendekia, 2022. https://doi.org/10.20961/kc.v10i2.61062

W. Hadley, C. Houck, L. K. Brown, J. Spitalnick, M. Ferrer, and D. Barker, “Moving Beyond Role-Play: Evaluating the Use of Virtual Reality to Teach Emotion Regulation for the Prevention of Adolescent Risk Behavior Within a Randomized Pilot Trial,” J. Pediatr. Psychol., 2018. https://doi.org/10.1093/jpepsy/jsy092

A. Nadiana, W. R. Putri, F. Maulida, J. P. Ningrum Khoirunnisa, and L. Rohmawati, “Optimalisasi Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Kompetensi Dan Karakter Peserta Didik Dengan Model KOPHOG (Keterlibatan Orang Tua Berbasis Penguatan Hubungan Orang Tua Dan Guru),” Jiip - J. Ilm. Ilmu Pendidik., 2023. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2925

S. Reynard, J. Dias, M. Mitic, B. Schrank, and K. A. Woodcock, “Digital interventions for emotion regulation in children and early adolescents: Systematic review and meta-analysis,” JMIR Serious Games, vol. 10, no. 3, p. e31456, 2022. https://doi.org/10.2196/31456

D. N. Rachmah, N. I. Putri, R. Rizkika, S. Magfirah, and S. Halimatussa’diah, “Do Peer Attachment, Perceived School Climate, and Parental Involvement Influence Self-Awareness in Students?,” J. Cakrawala Pendidik., 2022. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.30117

S. R. Sorbet and C. E. Notar, “Social and Emotional Learning: Meeting and Addressing Educator and Student Concerns While Providing Benefits for All Involved,” Soc. Sci. Humanit. Sustain. Res., 2022. https://doi.org/10.22158/sshsr.v3n3p95

A. T. Al Jaberi, K. Alzouebi, and O. A. Khurma, “An Investigation Into the Impact of Teachers’ Emotional Intelligence on Students’ Satisfaction of Their Academic Achievement,” Soc. Sci., 2024. https://doi.org/10.3390/socsci13050244

R. N. Sobirovna, “Psychological Factors in the Development of Social-Emotional Competencies of Primary School Children,” J. Multidiscip. Acad. Pract. Stud., 2025. https://doi.org/10.35912/jomaps.v3i3.3425

F. Farhan and M. A. Rofi’ulmuiz, “Religiosity and Emotional Intelligence on Muslim Student Learning Achievement,” Int. J. Eval. Res. Educ., 2021. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.20997

C. Wang et al., “Socio-Demographic Characteristics, Lifestyles, Social Support Quality and Mental Health in College Students: A Cross-Sectional Study,” BMC Public Health, 2022. https://doi.org/10.1186/s12889-022-14002-1

R. Trigueros, J. M. Aguilar-Parra, A. J. Cangas, R. Bermejo, C. F. García, and R. López?Liria, “Influence of Emotional Intelligence, Motivation and Resilience on Academic Performance and the Adoption of Healthy Lifestyle Habits Among Adolescents,” Int. J. Environ. Res. Public Health, 2019. https://doi.org/10.3390/ijerph16162810

F. D. Pannebakker et al., “A Social Gradient in the Effects of the Skills for Life Program on Self?Efficacy and Mental Wellbeing of Adolescent Students,” J. Sch. Health, 2019. https://doi.org/10.1111/josh.12779

E. Domaradzka and M. Fajkowska, “Cognitive Emotion Regulation Strategies in Anxiety and Depression Understood as Types of Personality,” Front. Psychol., 2018. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.00856

A. Aprianda, “Effect of Emotional Intelligence on Students’ Islamic Education Learning Outcomes,” Tarbawi J. Ilmu Pendidik., 2021. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v17i1.1000

Downloads

Published

2025-11-10

How to Cite

Maulana, Z. A. M., Prihesnanto, F., & Supratno, S. (2025). PEMBERDAYAAN SELF AWARENESS UNTUK KARAKTER BELAJAR SISWA SMK DI DESA SUKAMURNI. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 2(4), 546–558. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i4.586

Issue

Section

Articles