KELAS CERIA SEBAGAI MEDIA EDUKASI KREATIF UNTUK ANAK-ANAK KAMPUNG KALOBARANG

Authors

  • Nidia Indah Pratiwi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Anis Zohriah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Siti Naza Nur Alfina Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Pasha Pradina Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Muhammad Wifqil Hikam Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Muhammad Izza Muhtafidz Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i4.551

Keywords:

Kelas Ceria, Media Edukasi, Kreatif Anak-Anak, Edukasi Masyarakat

Abstract

Kelas Ceria adalah suatu program pendidikan yang berfokus pada metode belajar mengajar yang memberikan ruang menyenangkan dan kreatif untuk anak-anak, khususnya usia dini. Tujuannya adalah untuk menarik minat daya belajar mereka sejak awal. Penelitian ini mengkaji bagaimana Kelas Ceria berfungsi sebagai alat edukasi yang inovatif untuk meningkatkan keterlibatan, daya imajinasi, dan kemampuan berpikir anak tersebut. Metode yang digunakan dalam program Kelas Ceria ini terdiri dari beberapa tahapan diantaranya: Identifikasi Program, Perancangan Kebutuhan, Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi. Program Kelas Ceria ini dilaksanakan di Posko KUKERTA 07 Desa Sukamanah. Hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak menjadi lebih semangat belajar saat materi diterapkan dalam format permainan edukatif, kegiatan seni, dan proyek kolaboratif. Pendekatan ini juga terbukti berhasil meningkatkan keterampilan sosial dan emosional mereka. Secara keseluruhan, Kelas Ceria merupakan pilihan media pembelajaran yang efektif dan menghibur, yang dapat menghasilkan sebuah ilmu pengetahuan bagi anak anak secara menyeluruh.

References

Apreriri Cahyani, Tuti Nurhaningsih, Netti Karnati, and Desi Rahmawati, “Kuliah Kerja Nyata Sebagai Implementasi Pendidikan Berbasis Masyarakat di Perguruan Tinggi,” J. Kaji. dan Penelit. Umum, vol. 2, no. 2, pp. 19–29, Apr. 2024, https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i2.726

M. Maftuhah, K. Khozin, and M. Nurhakim, “The Rahmatal Lil Alamien Islamic Education Paradigm in Various Perspectives,” Nat. J. Kaji. dan Penelit. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 9, no. 1, pp. 391–402, 2024, https://doi.org/10.35568/naturalistic.v9i1.4445

H. M. Z. W. Widad et al., “Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Desa Batukuwung,” Bantenese J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 20–34, 2022, https://doi.org/10.30656/ps2pm.v4i1.4484

N. W. . Darmayanti and I. N. Sueca, “Pendampingan Bimbingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sd Dusun Buruan Tampaksiring Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 3, no. 2, p. 207, 2020, https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i2.2206

R. R. Aliyyah et al., “Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar,” ALMUJTAMAE J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 92–99, 2024, https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i1.11585

M. F. Siswopranoto, “Standar Mutu Pendidikan,” Al-Idaroh J. Stud. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 6, no. 1, pp. 17–29, 2022, https://doi.org/10.54437/alidaroh.v6i1.372

D. P. Juita, P. Priya, M. Azwardi, and A. Amra, “Pentingnya Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Lembaga Pendidikan,” Indo-MathEdu Intellectuals J., vol. 5, no. 3, pp. 3068–3077, 2024, https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1243

D. Yuliana, “Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Gratis Di Desa Gebangan,” MATAPPA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, p. 10, 2019, https://doi.org/10.31100/matappa.v2i1.287

Y. Lelloltery et al., “Pengabdian Mahasiswa Melalui Program Bimbingan Belajar Pada Siswa SD Inpres Werwaru,” J. Masy. Madani Indones., vol. 2, no. 3, pp. 221–227, 2023, https://doi.org/10.59025/js.v2i3.106.

M. A. Sormin, N. Ginting, F. S. Harahap, R. Ariaji, M. L. Harahap, and J. K. Pardede, “Di Kelurahan Pancuran Pinang Sibolga Sambas,” J. Pengabdi. Masy. Sapangambei Manotoktok Hitei, vol. 4, pp. 94–96, 2024. https://doi.org/10.36985/p8ww9p12

A. Santoso and Y. Rusmawati, “Pendampingan Belajar Siswa di Rumah melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan,” J. Abdimas Berdaya J. Pembelajaran, Pemberdaya. dan Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 02, pp. 36–43, 2019, https://doi.org/10.30736/jab.v2i02.7

Suwandi, Widya Jati Lestari, and Ilwan Syafrinal, “Inovasi Pendampingan Bimbingan Belajar Anak Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar,” ABDIKAN J. Pengabdi. Masy. Bid. Sains dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 25–32, 2022, https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i1.91

J. Amelia, “Pentingnya Penerapan Bimbingan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19 di Desa Bronjong Kecamatan Bluluk,” Jumat Ekon. J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 76–81, Aug. 2021, https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v2i2.1893

J. M. Lainsamputty et al., “Meningkatkan Kesadaran Belajar Melalui Bimbingan Belajar Pada Anak-Anak Dusun Syota,” J. Masy. Madani Indones., vol. 2, no. 4, pp. 400–405, 2023, https://doi.org/10.59025/js.v2i4.144

Y. Baihaqi, I. H. Prasasti, and F. P. K, “Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Program Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak-Anak Tpa Mutiara Al Hadi Rt 22 Rw 04 Imopuro,” J. Bagimu Negeri, vol. 7, no. 2, pp. 260–266, 2023, https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v7i2.2301.

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

Pratiwi, N. I., Zohriah, A., Nur Alfina, S. N., Pradina, P., Wifqil Hikam, M. W., & Muhtafidz, M. I. (2025). KELAS CERIA SEBAGAI MEDIA EDUKASI KREATIF UNTUK ANAK-ANAK KAMPUNG KALOBARANG. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 2(4), 467–475. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i4.551

Issue

Section

Articles