PERAN MAHASISWA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM PENGENALAN BUDAYA KALIMANTAN TENGAH MELALUI BOOK CREATOR

Authors

  • Herlina Hasanah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Ratih Nor Aila Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Novriani Rahmasari Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Imrohatun Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Zaitun Qamariah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Muhammad Syabrina Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i2.445

Keywords:

Pengenalan Budaya Kalimantan, Book Creator, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan bertujuan untuk mengenalkan kebudayaan Kalimantan Tengah kepada siswa kelas V di MI Miftahul Huda 2 Palangka Raya dengan menggunakan pendekatan yang inovatif melalui pemanfaatan Book Creator. Melalui pemanfaatan aplikasi ini, peserta didik memperoleh kesempatan untuk mengeksplorasi kebudayaan Kalimantan Tengah melalui pengalaman belajar yang bersifat interaktif dan bermakna. Pengabdian ini menggunakan metode ABCD (Asset-Based Community Development) yang menekankan pada pemanfaatan aset dan potensi yang dimiliki oleh komunitas sekolah dan lingkungan sekitar. Pengumpulan data dilakukan melalui pemetaan aset, diskusi kelompok terarah, wawancara, serta pelibatan aktif siswa dan guru dalam pengembangan konten budaya digital. Hasil riset menunjukkan bahwa integrasi Book Creator sebagai media digital pembelajaran mampu mengakselerasi minat dan keterlibatan siswa dalam memahami konten budaya lokal sekaligus meningkatkan kompetensi bahasa asing mereka. Lebih dari sekadar alat bantu, kehadiran teknologi dalam proses pedagogis terbukti merekonstruksi dinamika kelas menjadi lebih kontekstual, partisipatif, dan selaras dengan kebutuhan pembelajaran abad ke-21. Dengan demikian, pengenalan budaya Kalimantan Tengah melalui media digital ini berperan penting dalam melestarikan kebudayaan lokal dan meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa.

References

Agel, P. R., Khasanah, N., Muslimah, Wulan, H. D., Eli Karliani, &, & Triyani. (2021). Eksplorasi Kekayaan Seni Dayak Ngaju Di Desa Tumbang Manggu Kabupaten Katingan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 405–416.

Amelia, D. P., Dewi, D. A., & Hidayat, R. S. (2024). Integrasi Literasi Budaya Dan Kewargaan Melalui Media Sosial Pada Generasi Z Di Era Digitalisasi. Indo-Mathedu Intellectuals Journal, 5(1), 944–956. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.710

Atikah, C., Asmawati, L., & Ekawati, R. (2023). Buku Digital Berbasis Fonetik Melalui Aplikasi Book Creator Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4913–4924. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4951

Bukido, R., & Mushlihin, M. A. (2022). Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif Bagi Masyarakat Miskin Di Desa Gangga Ii Dengan Menggunakan Metode Abcd (Vol. 2, Issue 1). http://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/nyiur/index

Haris, M., Ahid, N., Ridhowan, M., Sunan, I. P., & Lamongan, D. (2022). Pendampingan Budaya Literasi Dengan Metode Abcd (Asset Based Community Development) Terhadap Santri Kelas 3 Smp Di Asrama Al Maliki Pondok Pesantren Sunan Drajat Banjarwati Banjaranyar Paciran Lamongan. In Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari (Jpmb) (Vol. 1, Issue 1). https://journal.formosapublisher.org/index.php/jpmb

Meisani, D. R. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Penerapan Bahasa Inggris Sebagai Muatan Lokal Di Sekolah Dasar. Didaktika, 1(2), 243–253.

Pahan, B. P., & Prasetya, A. (2023). Pembinaan Tari Dan Musik Tradisional Kalimantan Tengah Sebagai Pendidikan Karakter Pada Siswa Smkn 1 Kuala Kapuas. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (Jireh), 5(1), 110–121. https://doi.org/10.37364/jireh.v5i1.123

Pendidikan, J., & Konseling, D. (N.D.). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Berbasis Kontekstual Materi Keragaman Budaya Pada Muatan Ips Kelas Iv Sd Negeri 3 Ketewel Gianyar (Vol. 4).

Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702

Rts Rista Maharani, & Yupita Dwi Saputri. (2024). Analisis Peran Dan Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(3), 83–90. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i3.614

Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05

Sidik, A., Fadhil, F., Dwi, L., Romadon, N. A., Ramadhan, M. V., Wijaya, S., Sulistio, A., Putri, M. D., Lathifah, U. N., Fitrotunnisa, Z., Yuliana, H., Imas, A. N., Kholifah, A., Islam, U., Zuhri, N. K. H. S., & Abstrak, P. (2023). Pendampingan Dan Sosialisasi Kepada Umkm Dengan Metode Abcd Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat. 2(1).

Studi, P., Pendidikan, M., & Indonesia, B. (2024). Book Creator Sebagai Media Dalam Pembelajaran. 13(November), 54–62. https://doi.org/10.59672/stilistika.v13i1.3919

Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1–19.

Wajdi, H. F., Asmani Arif, S. E., & Zulfikar Putra, S. H. (2022). Buku Ajar: Kapita Selekta Pendidikan Panduan Di Perguruan Tinggi. Ahlimedia Book.

Zahrika, N. A., & Andaryani, E. T. (2023). Kurikulum Berbasis Budaya Untuk Sekolah Dasar: Menyelaraskan Pendidikan Dengan Identitas Lokal. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 163–169. https://doi.org/10.57251/ped.v3i2.1124

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Hasanah, H., Aila, R. N., Rahmasari, N., Imrohatun, Qamariah, Z., & Syabrina, M. (2025). PERAN MAHASISWA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM PENGENALAN BUDAYA KALIMANTAN TENGAH MELALUI BOOK CREATOR. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 2(2), 186–194. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i2.445