RAMADAN MENGEDUKASI: MEMBANGUN KESADARAN PEMUDA TERHADAP BAHAYA PINJAMAN ONLINE, JUDI OLNLINE DAN AKSI BAKTI SOSIAL

Authors

  • Maulidia Mulyani Universitas Islam Indonesia
  • Ayfa Nawa Fatihah Universitas Islam Indonesia
  • Uluwwul Himmah Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i2.437

Keywords:

Pinjaman Online, Judi Online, Literasi Hukum, Kepekaan Sosial, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstract

Bulan Ramadan merupakan momentum strategis bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran spiritual dan sosial. Namun, pesatnya perkembangan teknologi serta perubahan gaya hidup menyebabkan menurunnya partisipasi generasi muda dalam aktivitas positif. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi hukum dan sosial terkait bahaya pinjaman online (pinjol) dan judi online (judol), serta membangun kepekaan sosial di kalangan pemuda. Sasaran kegiatan adalah 30 anggota Ikatan Pemuda-Pemudi Mlandangan (IPPM) RW 012, Minomartani, Sleman, yang berusia 12–30 tahun, terdiri dari pelajar hingga pekerja muda. Metode pelaksanaan meliputi enam tahapan: perencanaan, koordinasi, pelaksanaan, evaluasi, refleksi, dan pelaporan. Kegiatan yang dilakukan mencakup diskusi interaktif terkait aspek hukum dan dampak sosial pinjol dan judol, serta pelaksanaan bakti sosial di lingkungan masyarakat. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman anggota terhadap bahaya dan aspek hukum pinjol dan judol. Selain itu, kegiatan bakti sosial terbukti efektif dalam menumbuhkan kepedulian sosial dan membangun karakter pemuda yang lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.

References

R. Royanulloh and K. Komari, “Bulan Ramadan dan Kebahagiaan Seorang Muslim,” J. Psikol. Islam dan Budaya, vol. 2, no. 2, pp. 51–62, Oct. 2019. https://doi.org/10.15575/jpib.v2i2.5587

N. Shalihin, F. Firdaus, Y. Yulia, and U. Wardi, “Ramadan and strengthening of the social capital of indonesian muslim communities,” HTS Teol. Stud. / Theol. Stud., vol. 76, no. 3, pp. 1–9, 2020. https://doi.org/10.4102/HTS.V76I3.6241

A. Islamy, “NILAI-NILAI SOSIAL PROFETIK DALAM RITUALITAS IBADAH PUASA RAMADHAN,” Wawasan J. Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, vol. 2, no. 1, pp. 1–14, Sep. 2021. https://doi.org/10.53800/wawasan.v2i1.69

R. W. Larson, M. Raffaelli, S. Guzman, I. Salusky, C. N. Orson, and A. Kenzer, “The important (but neglected) developmental value of roles: Findings from youth programs.,” Dev. Psychol., vol. 55, no. 5, pp. 1019–1033, May 2019. https://doi.org/10.1037/dev0000674

T. Yamane and S. Kaneko, “Is the younger generation a driving force toward achieving the sustainable development goals? Survey experiments,” J. Clean. Prod., vol. 292, p. 125932, Apr. 2021. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2021.125932

Ahmad Fauzi and Hendri Irawan, “Peran Pendidikan Karakter dalam Membangun Generasi Muda yang Berintegritas,” J. Islam. Educ. Stud., vol. 3, no. 2, pp. 111–119, Mar. 2025. https://doi.org/10.58569/jies.v3i2.1108

Hana Apriyanti, Ira Safaat Aeni, Reva Sila Kinaya, Nasywa Hasna Nabilla, April Laksana, and Lika Mulki Latief, “Keterlibatan Penggunaan Media Sosial pada Interaksi Sosial di Kalangan Gen Z,” Sos. Simbiosis J. Integr. Ilmu Sos. dan Polit., vol. 1, no. 4, pp. 229–237, Nov. 2024. https://doi.org/10.62383/sosial.v1i4.929

D. A. Scott, B. Valley, and B. A. Simecka, “Mental Health Concerns in the Digital Age,” Int. J. Ment. Health Addict., vol. 15, no. 3, pp. 604–613, Jun. 2017. https://doi.org/10.1007/s11469-016-9684-0

A. A Hattikar and J. S Bagi, “The Influence of Social Media on Education,” Int. J. Innov. Sci. Res. Technol., vol. 1, no. 5, pp. 1635–1638, 2024. https://doi.org/10.38124/ijisrt/ijisrt24aug1152

I. R. Ashari and K. Khodijah, “Trend Judi Online dan Pinjol pada Kelompok Remaja?: Faktor Resiko dan Dampak Sosial,” Pustaka J. Ilmu-Ilmu Budaya, vol. 24, no. 2, p. 161, Sep. 2024. https://doi.org/10.24843/PJIIB.2024.v24.i02.p07

A. Anwar and V. ANGGRIANIS, “WASPADA PINJOL DAN JUDOL EDUKASI UNTUK MASA DEPAN LEBIH AMAN,” J. Tagalaya Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 4, pp. 401–406, Nov. 2024. https://doi.org/10.71315/jtpkm.v1i4.96

Siti Hanan et al., “Edukasi Sadar Hukum Mengenai Bahaya Judi Online dan Pinjaman Online Ilegal di Kalangan Remaja di SMK Pariwisata Anyer,” J. Kabar Masy., vol. 2, no. 3, pp. 276–281, Aug. 2024. https://doi.org/10.54066/jkb.v2i3.2361

N. I. N. Muttaqi, “EDUKASI BAGI MASYARAKAT ATAS KASUS PENEMBAKAN PEMILIK RENTAL MOBIL DI REST AREA KM 45 TOL JAKARTA-MERAK, TANGERANG,” Masy. J. Pengabdi., vol. 2, no. 1, pp. 88–97, Jan. 2025. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.357

J. Shi, M. Colder Carras, M. N. Potenza, and N. E. Turner, “A Perspective on Age Restrictions and Other Harm Reduction Approaches Targeting Youth Online Gambling, Considering Convergences of Gambling and Videogaming,” Front. Psychiatry, vol. 11, no. January, pp. 1–9, 2021. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2020.601712

C. A. Flanagan, T. Kim, J. Collura, and M. A. Kopish, “Community Service and Adolescents’ Social Capital,” J. Res. Adolesc., vol. 25, no. 2, pp. 295–309, Jun. 2015. https://doi.org/10.1111/jora.12137

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Mulyani, M., Fatihah, A. N., & Himmah, U. (2025). RAMADAN MENGEDUKASI: MEMBANGUN KESADARAN PEMUDA TERHADAP BAHAYA PINJAMAN ONLINE, JUDI OLNLINE DAN AKSI BAKTI SOSIAL. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 2(2), 133–145. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i2.437