WORKSHOP PENINGKATAN SCORE TOEFL MAHASISWA ASRAMA KUJANG YOGYAKARTA UNTUK MEMENUHI SYARAT KELULUSAN

Authors

  • Sani Suhardiman Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Nana Rahdiana Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dicky Suryapranatha Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Zhuldiz Anay Suleyman Demirel University, Almaty, kazakhtan
  • Bunga Putri Maulia Universitas Negeri Yogyakarta

Keywords:

workshop, TOEFL, Pengandian Kepada Masyarakat

Abstract

Workshop peningkatan skor TOEFL bagi mahasiswa Asrama Kujang merupakan program pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk membantu mahasiswa mencapai skor TOEFL yang memenuhi syarat kelulusan. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh tingginya kebutuhan mahasiswa terhadap sertifikat TOEFL dengan skor yang memadai sebagai salah satu syarat wajib kelulusan di berbagai program studi di universitas yang ada di Yogyakarta. Workshop ini dirancang untuk memberikan bimbingan intensif, materi pembelajaran yang terstruktur, serta strategi efektif dalam menghadapi tes TOEFL. Metode yang digunakan dalam workshop ini meliputi sesi pengajaran teori, latihan soal, simulasi tes, dan evaluasi berkala. Para peserta juga diberikan akses ke berbagai sumber belajar dan tes praktek TOEFL untuk meningkatkan keterampilan mereka secara mandiri. Instruktur dalam kegiatan ini adalah dosen-dosen berpengalaman dan ahli bahasa Inggris yang memiliki kompetensi tinggi dalam pengajaran TOEFL. Hasil dari pelaksanaan workshop ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam skor TOEFL mahasiswa, yang ditunjukkan oleh data pre-test dan post-test. Selain itu, para peserta juga melaporkan peningkatan kepercayaan diri dan pemahaman yang lebih baik mengenai format dan strategi tes TOEFL. Dengan adanya program ini, diharapkan mahasiswa yang ada diasrama Kujang Yogyakarta dapat lebih siap dalam memenuhi persyaratan kelulusan dan menghadapi tantangan akademik di tingkat yang lebih tinggi.

References

D. N. S. Nugraha, E. C. Simatupang, and P. Sari, “Pelatihan toefl untuk siswa/siswi kelas xii di sman 1 jamblang kabupaten cirebon,” J. Abdimas Bina Bangsa, vol. 4, no. 1, pp. 159–165, 2023.

R. Kayyis, D. Pratiwi, N. E. Tristiana, and F. Wulandari, “Pelatihan Toefl Untuk Umum Menggunakan Aplikasi Zoom,” Abdimas Siliwangi, vol. 4, no. 2, pp. 188–196, 2021, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.7028

I. M. Juliarta and I. G. N. Wirawan, “Pelatihan Bahasa Inggris Toefl Bagi Mahasiswa Jurusan Keperawatan,” J. War. Desa, vol. 4, no. 2, pp. 86–90, 2022, doi: 10.29303/jwd.v4i2.183.

D. A. N. Hukum, U. Islam, N. Uin, and W. Semarang, “46489-147000-1-Pb,” vol. 6, pp. 93–97, 2022.

R. S. Sakina, “Pelatihan Strategi Meningkatkan Skor TOEFL: Fokus pada Bagian Structure,” J. AbdiMU (Pengabdian Kpd. Masyarakat), vol. 1, no. 1, pp. 26–32, 2021, doi: 10.32627/abdimu.v1i1.8.

A. Kartika Putri, A. Triandana, S. Fitriah, U. Amri, and Y. M. Putra, “Pengenalan Dan Pelatihan Toefl Untuk Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia Universitas Jambi,” Estungkara J. Pengabdi. Pendidik. Sej., vol. 2, no. 1, pp. 11–23, 2023, doi: 10.22437/est.v2i1.24594.

K. Saputri, M. Sulaiman, and S. Yuliani, “Pelatihan Toefl Bagi Mahasiswa Semester VII Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UM Palembang,” ABDINE J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 190–195, 2021, doi: 10.52072/abdine.v1i2.249.

S. Sirajuddin and M. Yahrif, “Pelatihan Listening Untuk TOEFL Test Bagi Mahasiswa Prodi Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris,” MEGA PENA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 67–75, 2021, doi: 10.37289/megarezky.

L. Iswati, “Pelatihan TOEFL secara virtual bagi anggota Nasyiatul ‘Aisyiah Cabang Mantrijeron Yogyakarta,” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 4, no. 2, p. 247, 2021, doi: 10.28989/kacanegara.v4i2.959.

A. Sudirman, “Peningkatan kompetensi Bahasa Inggris bagi dosen-dosen Unma Banten melalui pelatihan ‘TOEFL strategies and predictions,’” J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 5, no. 1, pp. 271–278, 2020, [Online]. Available: http://ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/441

S. Suniati, A. R. Khunaifi, and D. Setiawan, “Pelatihan Bahasa Inggris Berekuivalen Toefl terhadap Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangkaraya,” PengabdianMu J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 47–52, 2017, doi: 10.33084/pengabdianmu.v2i1.119.

Sujarwo, Y. Jubhari, L. Sasabone, and B. Putri Uleng, “Pelatihan Meningkatkan Skill Bahasa Inggris Dan Hasil Test Toefl Pada,” J. Pengabdi. Harapan Bangsa, vol. 1, no. 1, pp. 28–36, 2023, doi: 10.56854/jphb.v1i1.42.

E. Susylowati, M. Z. Alfisuma, T. Pujiati, D. R. ZA, and B. Kurniawan, “Pelatihan Toefl Bagi Mahasiswa Di Pesantren Al-Mashduqie Di Kamal Bangkalan,” Jubaedah J. Pengabdi. dan Edukasi Sekol. (Indonesian J. Community Serv. Sch. Educ., vol. 2, no. 3, pp. 282–288, 2022, doi: 10.46306/jub.v2i3.93.

Downloads

Published

2024-05-30