PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.105Keywords:
Pembelajaran Diferensiasi, Implementasi Kurikulum Merdeka, Guru Sekolah DasarAbstract
Tujuan dari kegiatan PKM yang dilaksanakan oleh tim dosen di Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, adalah untuk mensosialisasikan kepada para guru mengenai pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka di sekolah dasar. Pelaksanaan kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, memberikan sosialisasi kepada para guru; kedua, melakukan diskusi tentang pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka; dan ketiga, melaksanakan pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa para guru di Kecamatan Cicalengka sangat antusias untuk mengenal, mempelajari, dan memahami pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka sebagai alternatif pembelajaran saat ini. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa para guru menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam mencoba menerapkan pembelajaran diferensiasi yang sangat bermanfaat untuk digunakan di kelas. Sebagai saran, pihak sekolah sebaiknya menyediakan fasilitas yang diperlukan oleh para guru, seperti laptop dan jaringan internet, untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka agar pembelajaran dapat berlangsung secara efektif.
References
H. Pitaloka dan M. Arsanti, “Pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka 1,” no. November, hal. 2020–2023, 2022.
C. A. Tomlinson, “Differentiation of Instruction in the Elementary Grades.,” ERIC Dig., hal. 1–7, 2000.
O. . Kusuma dan S. Luthfah, Modul Paket 2. Modul 2.1 "Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Kemendikbud, 2000.
D. W. Andini, “Differentiated Instruction: Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif,” Trihayu J. Pendidik. Ke-SD-an, vol. 2, no. 3, hal. 340–349, 2022, https://doi.org/10.30738/trihayu.v2i3.725
C. A. Tomlinson, “Responding to the Needs of All Learners,” hal. 25, 2014.
K. S. Jenahut, “Sosialisasi dan Pendampingan Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi,” J. Perad. Masy., vol. 2, no. 3, hal. 94–100, 2022.
M. S. R. Tuerah dan J. M. Tuerah, “Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan,” J. Ilm. Wahana Pendidikan, Oktober, vol. 9, no. 19, hal. 982, 2023.
I. G. Ratnaya, P. L. Noviyanti, dan S. E. Wibowo, “Sebuah Systematic Literature Review: Pembelajaran Diferensiasi Dalam Dunia Pendidikan,” J. Math. Educ. Sci., vol. 9, no. 2, hal. 178–186, 2024.
I. K. D. Susila dan I. G. A. I. Aryasuari, “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pengajaran ESP Dalam Kemerdekaan Belajar,” Widya Balina, vol. 8, no. 1, hal. 585–592, 2023, https://doi.org/10.53958/wb.v7i1.233
B. Yuniarto, M. Lama’atushabakh, M. Maryanto, dan A. Habibi, “Pendidikan Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka,” J. Sos. dan sains, vol. 2, no. 11, hal. 1170–1178, 2022, https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i11.522
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Deden Dicky Dermawan, Yudi Budianti, Arrahim, Dwi Safitri Mujiani, Fanny Sumirat, Khoirun Nisya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.